Bolehkah Anak Makan Durian? Ada Dampak Kesehatan Untuk Anak Dibawah 5 Tahun

Bolehkah anak makan durian? Kandungan alkohol dalam buah durian kadang memang membuat orang tua atau mungkin juga bunda merasa sanksi untuk memberikan ke anak. Nah, sebenarnya bolehkah anak makan durian?

Bolehkah Anak Makan Durian?

Bolehkah Anak Makan Durian

Faktanya, durian merupakan salah satu jenis buah dengan beberapa kelebihan. Selain punya daging yang lembut, durian juga kaya kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti gula alami, vitamin, kalsium, protein, fosfor, zat besi, dan masih banyak lagi.

Namun, bagaimana jika buah ini dimakan anak-anak?

Menurut pakar kesehatan, buah durian tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh bayi maupun balita.

Pasalnya, kandungan gula di dalam buah tersebut masih tergolong tinggi sehingga dianggap dapat memberikan dampak buruk pada kesehatannya.

Bahkan khusus untuk bayi, konsumsi gula atau garam terlalu tinggi berpotensi merusak ginjalnya karena organ tersebut masih belum bekerja dengan optimal.

Selain itu, durian juga terkenal memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga harus dikunyah berkali-kali baru ditelan.

Sedangkan pada batita, mereka cenderung belum mampu mengunyah secara maksimal, dikhawatirkan durian justru membuat mereka menderita gangguan pencernaan atau konstipasi.

Mulai Umur Berapa Anak Sudah Boleh Makan Durian?

Anak-anak yang masih usia bayi dan batita memang tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah durian.

Namun, bunda dan ayah juga harus tahu jika ada batasan umur tertentu saat anak sudah boleh mencoba makan durian.

Golongan anak-anak usia 2 tahun ke atas sudah boleh kok mencoba mencicip buah durian, bunda.

Apabila bunda punya anak-anak dengan usia tersebut tidak perlu ragu lagi memberikan buah durian pada si kecil.

Lagipula, dalam durian terkandung vitamin C, kalsium, zat besi, dan mineral yang sebenarnya baik untuk tubuh.

Jika bunda masih ragu karena takut durian mengandung alkohol, ternyata belum ada studi yang mampu membuktikan kebenaran hal tersebut.

Justru yang ada, durian dipercaya dapat digunakan sebagai metode pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Cara Makan Buah Durian Untuk Anak Di Atas 2 Tahun

Bolehkah Anak Makan Durian

Sekarang sudah makin jelas ya bunda, bolehkah anak makan durian? Jawabannya masih aman jika anak bunda sudah menginjak usia 2 tahun atas.

Masalahnya, bunda tidak boleh langsung memberikan anak buah durian secara sembarangan untuk menjauhkannya dari masalah kesehatan.

Pertama berikan lebih dulu buah durian dalam porsi kecil dan tidak berlebihan. Boleh satu atau dua suap sekali makan, tujuannya supaya sistem pencernaan mereka terbiasa menerima buah yang aromanya kuat dan super lengket ini.

Apabila masih kurang yakin, bunda bisa memberikannya seujung jari untuk mengenalkan rasanya pada si kecil.

Setelah itu, tunggu reaksi setelahnya, apakah tidak menimbulkan rasa kembung? Jika tidak, bunda boleh menambah jumlahnya perlahan-lahan.

Sebaliknya, jika timbul rasa kembung, ada baiknya hentikan pemberian buah tersebut dan tunggu sampai umur si kecil bertambah.

Kesimpulan dari pertanyaan bolehkah anak makan durian? Jawabannya adalah asalkan sudah masuk 2 tahun ke atas, memberikan anak buah durian masih aman saja.

Namun, bunda tetap harus memperhatikan bagaimana cara pemberian buah durian yang tepat supaya tak malah mengganggu kesehatan si kecil.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait