Bisakah Kembali Hamil Setelah Keguguran? Simak Kata Ahli!

Ilustrasi Keguguran Foto : Shutterstock

Kehamilan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu bagi setiap pasangan suami istri, Namun, Kehamilan juga dapat menjadi hal yang traumatis apabila pernah mengalami keguguran. Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap Ibu yang pernah mengalami keguguran masih mengharapkan bisa hamil setelah keguguran.

Namun bisakah perempuan yang telah mengalami keguguran bisa hamil kembali? dan apakah ada cara hamil setelah mengalami keguguran ? untuk lebih jelasnya yuk! mams simak penjelasan berikut ini

Bisakah Hamil Setelah Keguguran?

Dikutip dari laman mayoclinic.com, para ahli menemukan jika setiap perempuan yang pernah keguguran berpotensi besar untuk kembali hamil. Namun, tidak menutup kemungkinan keguguran yang telah terjadi sebelumnya memicu atau meningkatkan risiko keguguran di kehamilan berikutnya. untuk mencegah hal itu Mams wajib mengathui penyebab terjadinya keguguran, seperti yang dijelaskan berikut ini.

Penyebab Terjadinya Keguguran

Hamil Setelah Keguguran
Ilustrasi Keguguran Foto : Shutterstock

keguguran merupakan kehilangan kehamilan secara spontan atau tiba-tiba sebelum usia kandungan mencapai 20 minggu. Hal ini terjadi disebabkan oleh beberapa faktor, berikut penjelasanya!

1. Masalah Genetik atau Kromosom

Salah satu penyebab keguguran yang paling terjadi adalah kelainan gen atau kromosom. Sebagian besar keguguran terjadi karena janin tidak berkembang secara normal. Permasalahan ini biasanya berawal dari sel telur dan atau sperma. Bisa jadi, sel telur dan atau sperma tidak dalam kondisi paling bagus, baik karena faktor kromosomnya, atau saat proses pembuahannya.

2. Masalah Kondisi Kesehatan

Kondisi kesehatan eksternal, kebiasaan gaya hidup, dan kondisi yang mendasarinya juga dapat mengganggu perkembangan janin, terutama pada trimester kedua. seperti : Diet buruk atau kekurangan gizi, Masalah leher rahim, Keracunan makanan dan lain-lain

3. Kurangnya Asupan Nutrisi

Saat kehamilan pastinya nafsu makan mams akan selalu bertambah, segala jenis makanan pasti ingin dicoba, Hal itu sebenarnya wajar, Namun mams harus memerhatikan nutrisi yang dikonsumsi agar janin bisa tumbuh kembang dengan baik.

Kapan Waktu Tepat untuk Hamil Setelah Keguguran

Hamil
Ilustrasi Hami Foto : Shutterstock

Secara teoritis, waktu yang tepat untuk hamil setelah keguguran adalah 2 minggu pasca keguguran, Karena ovulasi sudah kembali terjadi. Kemungkinan untuk hamil setelah keguguran pun sudah bisa dimulai.

Namun para ahli sepakat untuk menyarankan jeda waktu 3-6 bulan paska keguguran untuk memulai hamil kembali. Seperti yang dikutip dari penelitian British Medical Journal menemukan bahwa wanita yang hamil kembali dalam rentang waktu enam bulan setelah keguguran berisiko lebih rendah mengalami keguguran lagi,

Selain itu dalam waktu 3-6 bulan tersebut, Mams dianjurkan untuk setidaknya memeriksakan diri ke dokter sebanyak 1 kali, untuk memastikan apakah sudah tidak ada sisa pendarahan lagi dan rahim siap untuk menjalani kehamilan baru

Tips Cepat Hamil Setelah Keguguran

  1. Yang paling penting Mams harus meyiapkan mental untuk memulai kembali
  2. Jalani pola makan dan pola hidup yang sehat. Penuhi nutrisi dan gizi seimbang untuk tubuh. Hindari aneka makanan yang memicu menurunnya kesuburan.
  3. Lakukan olahraga rutin. Olahraga tak hanya Mom yang perlu melakukannya tetapi juga suami. Agar keduanya memiliki kesehatan maksimal dan kehamilan yang dijalani nantinya juga lebih maksimal.
  4. Batasi atau bahkan hindari konsumsi kafein, alkolhol dan minuman berbahaya lain seperti minuman bersoda.
  5. Pastikan untuk selalu berpikir tenang, hindari stres dan berpikir buruk mengenai segala hal di sekitarmu.
  6. Jaga berat badan tetap ideal. Berat badan yang terlalu kurang atau lebih berpotensi menyebabkan kesulitan hamil atau keguguran saat hamil.
  7. Usahakan untuk berhubungan intim semaksimal mungkin saat masa subur.

Nah, itulah penjelasan mengenai keguguran, tips cepat hamil setelah keguguran, dan kapan waktu tepat untuk hamil lagi setelah keguguran. Semoga informasi ini bermanfaat ya mams.

Temukan Artikel Lainya di Google News

 

Referensi : 

  • https://www.alodokter.com/keguguran
  • https://hellosehat.com/kehamilan/kesuburan/cara-cepat-hamil-setelah-keguguran/

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait