5 Bahaya Ibu Hamil Minum Susu Kental Manis Terus Menerus, Risiko Diabetes Hingga Kelahiran Cacat

Apa bahaya ibu hamil minum susu kental manis? Kebanyakan masyarakat Indonesia memang masih menganggap bahwa susu kental manis boleh dikonsumsi ibu hamil.

Padahal, susu kental manis sebenarnya bukanlah 100% susu murni yang biasanya ditambah dengan kadar gula yang tinggi.

Dan jika dikonsumsi oleh ibu hamil secara terus menerus dapat mengakibatkan berbagai jenis gangguan kesehatan.

Oleh karena itu, bagi bunda yang sedang dalam masa kehamilan, susu kental manis sepertinya bukan solusi yang sehat jika untuk memenuhi nutrisi bayi

Bahaya Ibu Hamil Minum Susu Kental Manis

Bahaya Ibu Hamil Minum Susu Kental Manis

Susu kental manis memang bukanlah solusi yang tepat jika bunda konsumsi dalam keadaan sedang hamil.

Agar lebih bijak dalam memilih susu, berikut dampak buruk jika bunda sering minum susu kental manis saat sedang hamil.

1. Naiknya Berat Badan yang Berlebih

Seperti yang diketahui sebelumnya, susu kental manis memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Selain bisa mempengaruhi kesehatan bagi janin, ternyata mengkonsumsi susu kental manis bisa saja menambah berat badan bunda secara berlebihan.

Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap proses persalinan nanti karena dengan kondisi berat badan yang berlebih.

Parahnya, kondisi ini secara otomatis dapat meningkatkan risiko komplikasi pada ibu hamil dan sulitnya proses bersalin nanti.

2. Mempengaruhi Fungsi Otak Janin

Salah satu dampak buruk konsumsi susu kental manis adalah bisa mempengaruhi kondisi janin hingga mempengaruhi fungsi otak.

Hal ini disebabkan karena kandungan gula yang masuk secara berlebihan dapat membuat janin nantinya lahir dalam kondisi yang kurang sempurna.

3. Penyakit Diabetes

Bahaya Ibu Hamil Minum Susu Kental Manis

Kadar gula darah tinggi adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh konsumsi susu kental manis saat hamil. Jika tidak segera dihindari, penyakit ini bisa mempengaruhi kesehatan janin.

Bahkan dalam beberapa kasus, diabetes pada ibu hamil dapat menyebabkan kelahiran cacat hingga mengidap penyakit diabetes turunan.

4. Mengidap Preeklampsia

Preeklampsia adalah sebuah komplikasi kehamilan yang biasa muncul akibat tekanan darah selama masa kehamilan.

Nah, tekanan darah ini bisa saja naik karena bunda terlalu sering minum susu kental manis yang biasa dijual di pasaran.

Kelainan ini nantinya akan membuat pembuluh darah mulai menyempit dan bisa saja mempengaruhi kesehatan janin.

5. Sering Mengalami Komplikasi

Selain dapat meningkatkan berbagai macam penyakit, konsumsi susu kental manis tanpa aturan dapat sebabkan komplikasi dalam jangka panjang. Bahkan, komplikasi yang buruk bisa saja membuat kesehatan janin menurun.

Nah, bun sudah paham kan sekarang bahwa ibu hamil minum susu kenta manis itu tidak dianjurkan. Terlebih jika dikonsumsi secara terus-menerus dan tidak diimbangi dengan makanan sehat dan olahraga. Yuk biar tetap sehat, hindari mulai dari sekarang.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait