7 Bahan Herbal yang Perlu Dihindari Ibu Menyusui

Ilustrasi Bahan Herbal yang Dihindari Ibu Menyusui (Foto: Design Mamikita.com

Meskipun bahan herbal dipercaya dapat memberikan manfaat kesehatan, Namun ada beberapa bahan herbal yang perlu dihindari ibu menyusui.

Ibu menyusui perlu memperhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi, karena dapat memengaruhi kualitas dan kuantitas ASI. Selain itu, beberapa zat yang terkandung dalam makanan dan minuman juga dapat masuk ke dalam ASI dan berpotensi membahayakan bayi yang menyusu.

Minuman herbal dipercaya dapat memberikan manfaat kesehatan, seperti mengobati penyakit, menunjang kecantikan, menjaga vitalitas, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun, tidak semua minuman herbal aman untuk ibu menyusui. Beberapa minuman herbal dapat mengandung zat yang dapat mengurangi produksi ASI, menyebabkan kontraksi rahim, atau bersifat toksik bagi hati dan ginjal.

Bahan Herbal yang Perlu Dihindari Ibu Menyusui

Berikut beberapa bahan herbal yang sebaiknya dihindari oleh ibu menyusui

1. Daun sage

Daun sage biasanya digunakan sebagai bumbu masakan atau teh herbal. Daun sage dapat mengurangi produksi ASI dan digunakan untuk berhenti menyusui atau menyapih. Selain itu, daun sage juga dapat menyebabkan penurunan tekanan darah, pusing, dan sakit kepala.

2. Daun mint

Daun mint
Ilustrasi Daun Mint (Foto: Pixabay)

Bahan herbal yang perlu dihindari ibu menyusui selanjutnya adalah Daun mint, Daun ini memiliki aroma yang menyegarkan dan sering digunakan sebagai bahan minuman, permen, atau pasta gigi. Daun mint mengandung mentol yang dapat menurunkan produksi ASI. Daun mint juga dapat menyebabkan refluks asam, iritasi kulit, atau alergi

3. Lemon balm

Lemon balm adalah tanaman herbal yang memiliki rasa dan aroma lemon. Lemon balm dapat digunakan sebagai teh herbal atau aromaterapi. Lemon balm dapat mengurangi produksi ASI dan menyebabkan gangguan tidur, kecemasan, atau interaksi dengan obat-obatan

4. Daun raspberry

Daun raspberry adalah tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai teh herbal atau obat tradisional. Daun raspberry dapat menyebabkan kontraksi rahim, yang berbahaya bagi ibu hamil atau menyusui. Daun raspberry juga dapat menyebabkan mual, muntah, diare, atau alergi

5. Daun rosemary

Daun rosemary
Ilustrasi Daun Rosemary (Foto: Pixabay)

Daun rosemary merupakan salah satu bahan herbal yang perlu dihindari ibu menyusui, tanaman herbal ini sering digunakan sebagai bumbu masakan atau teh herbal. Daun rosemary dapat menyebabkan kontraksi rahim, yang berbahaya bagi ibu hamil atau menyusui. Daun rosemary juga dapat menyebabkan penurunan tekanan darah, pusing, sakit kepala, atau alergi.

6. Daun echinacea

Daun echinacea adalah tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai obat herbal atau suplemen. Daun echinacea dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi infeksi. Namun, daun echinacea juga dapat mengandung alkohol, yang berbahaya bagi ibu menyusui. Daun echinacea juga dapat menyebabkan gangguan hati, ginjal, atau pencernaan, serta interaksi dengan obat-obatan.

7. Ginseng

Gingseng
Ilustrasi Gingseng (Foto: Pixabay)

Bahan herbal yang perlu dihindari oleh ibu menyusui yang terakhir adalah ginseng, gingseng salah satu rempah atau jamu yang berkhasiat tinggi dan mengandung bioaktif yang bermanfaat untuk kesehatan.

Tetapi, kandungan zat kimia dalam ginseng dapat menyebabkan terhambatnya perkembangan janin di dalam rahim, menyebabkan diare, berisiko terjadi perdarahan ketika hamil, hingga menimbulkan cacat lahir.

Selain bahan-bahan herbal yang disebutkan di atas, ibu menyusui juga sebaiknya menghindari konsumsi suplemen herbal yang mengandung bahan-bahan tersebut.

Jika ibu menyusui ingin mengonsumsi bahan herbal, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dokter dapat memberikan rekomendasi bahan herbal yang aman untuk dikonsumsi ibu menyusui.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengonsumsi bahan herbal dengan aman selama menyusui:

  • Mulailah dengan dosis kecil dan tingkatkan dosis secara bertahap.
  • Hindari mengonsumsi bahan herbal secara bersamaan dengan obat-obatan lain.
  • Berhenti mengonsumsi bahan herbal jika mengalami efek samping

Itulah beberapa bahan herbal yang perlu dihindari ibu menyusui. Sebelum mengonsumsi minuman herbal atau jamu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau konsultan laktasi.

Selalu perhatikan kandungan, khasiat, dan efek samping dari minuman herbal yang akan dikonsumsi. Jangan lupa untuk tetap menjaga pola makan dan minum yang sehat dan seimbang, serta rutin menyusui bayi sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait