Bagaimana cara menghilangkan trauma pada anak? Trauma dapat terjadi pada siapa saja, khususnya anak-anak yang bisa saja membekas dan selalu teringat sampai si kecil dewasa.

Dalam kasus ini peran tua sangat penting guna mengatasi dan mendeteksi akibat trauma. Untuk bisa mengobatinya, maka perlu diatasi akar permasalahannya agar anak siap dan berani menghadapi rasa ketakutan yang dialami.

Bagaimana Cara Menghilangkan Trauma Pada Anak

Informasi penting yang perlu diketahui orangtua yang berhubungan dengan kejiwaan anak. Sebab akan berpengaruh terhadap perkembangan anak.

Hal ini biasanya berhubungan dengan trauma, jika kejadian ini tak diatasi dengan baik kedepannya anak tersebut akan memiliki kecemasan berlebih.

Keadaan goncangan jiwa tentu harus membutuhkan pendampingan selain dari orangtua. Nah, berikut ini adalah upaya yang bisa dilakukan ayah dan bunda dalam mengatasinya, yaitu:

1. Bekerjasama Dengan Psikolog

Langkah awal dalam mengatasi kejiwaan dan mental adalah dengan melakukan konsultasi dengan psikolog. Keputusan ini adalah solusi tepat bagi para orangtua agar anak terbebas dari rasa trauma yang selalu menyelimutinya.

2. Orangtua Harus Paham Reaksi Trauma

Selain melakukan kontak dan konsultasi bersama pakar bidang kejiwaan, tentunya orang tua juga harus mengamati dan mengobservasi mengenai reaksi anak. Dengan begitu parents tahu apa yang harus di diskusikan kepada psikolognya.

3. Kenyamanan Untuk Anak

Rasa trauma muncul akibat adanya peristiwa buruk yang pernah menimpa si kecil. Itulah mengapa orangtua memiliki peran penting dalam perkembangan anak.

Dengan demikian, bunda tidak hanya menuntut anak untuk pintar namun orang tua juga harus mendampingi perkembangannya secara mental. Agar anak tidak mengalami trauma yang menakutkan dan harus memberikan rasa aman untuk malaikat kecilnya.

4. Lancar Dalam Berkomunikasi

Agar anak sedikit lebih nyaman, sebaiknya orangtua melakukan komunikasi dua arah. Dengan begitu, anak nyaman dan sedikit hilang rasa takut dan kecemasan yang menyelimuti.

5. Validasi Perasaan Buah Hati

Peran orangtua dalam perkembangan anak sangat penting dilakukan, Sebab anak akan merasa lebih tenang jika Moms dan dads mengerti perasaan yang sedang dialami oleh anak.

6. Dukungan Penuh Terhadap Anak

Bagaimana cara menghilangkan trauma pada anak? Tentu dengan dukungan penuh dari orangtua. Dengan pemberian dukungan, maka anak akan lebih berani.

Meskipun hanya sekedar dukungan, dapat membuat anak menjadi lebih kuat dalam menghadapi setiap masalah yang dihadapinya.

7. Orangtua Harus Sabar

Sebagai orangtua dari anak yang memiliki trauma pasti akan muncul perilaku ekstrim dan tantrum yang berbeda pada setiap anak. Oleh sebab itu, Moms dan dads harus bisa sabar.

Terutama ketika menghadapi anak dengan banyak trauma. Sebaiknya menghindari memarahi anak, karena akan membuatnya menjadi tertekan.

8. Aktivitas Positif

Jika pada poin atas merupakan pendekatan secara emosional, orang tua juga harus melakukan kegiatan positif yang mana akan menimbulkan rasa senang dan nyaman untuk anak.

Contoh aktivitas positif yang bisa dilakukan adalah membaca, menulis dan menggambar. Dengan aktivitas yang luar biasa akan membuat anak cepat sembuh.

Jadi, bagaimana cara menghilangkan trauma pada anak. Ayah dan bunda bisa coba ikuti beberapa tips melalui artikel di atas.