Apakah Ibu Hamil Boleh Nonton Bioskop? Simak Faktanya!

Ilustrasi Ibu Hamil Nonton Bioskop Foto : iStock

Menonton film di bioskop bisa menjadi salah satu bentuk hiburan yang menyenangkan, tak terkecuali bagi Ibu hamil. Namun ada banyak penyesuaian yang perlu Mams lakukan untuk tetap merasa aman dan nyaman selama menonton bioskop.

Karena seperti mami ketahui, bioskop merupakan tempat umum yang cukup ramai,. Oleh sebab itu, Mami pun perlu ekstra berhati-hati, ya

Bolehkah Ibu Hamil Nonton Bioskop

Ibu hamil boleh kok menonton bioskop karena menonton film bisa jadi salah satu hiburan yang menyenangkan dan dapat membantu mengurangi rasa stres yang timbul saat kehamilan,

Namun, ada beberapa hal beberapa hal yang mami harus pertimbangkan saat menonton bioskop dalam keadaan hamil,  karena suasana ruangan yang bising serta sirkulasi udara yang terbatas adalah beberapa hal yang mungkin memengaruhi kondisi kesehatan Mams

Berikut beberapa hal yang yang bisa mams lakukan saat menonton bioskop dalam keadaan hamil, simak penjelasanya!

1. Pilih Bioskop yang Tepat dan Nyaman

Sekarang ini ada banyak jenis bioskop yang ada, Mulai dari yang tarifnya murah hingga yang mahal. Jika memungkinkan, Mami sebaiknya memilih bioskop yang menyediakan fasilitas khusus untuk ibu hamil. seperti kursi yang lebih besar, bantal kedap suara, selimut bahkan staf pendukung yang tersedia di dalam ruang bioskop saat pemutaran film untuk membantu saat dibutuhkan.

Fasilitas seperti ini biasanya bisa mami dapatkan di beberapa bioskop premium, Bioskop premium juga menyediakan selimut yang bisa diletakkan di perut untuk dimanfaatkan agar meredam suara dan mengurangi dampak suara pada janin.

2. Pilih Jenis Film yang Tepat

Mami harus bisa memilih beberapa jenis film yang tepat, karena beberapa film bisa menimbulkan efek suara yang terlalu keras atau jalan cerita yang terlalu menegangkan, Kondisi ni dapat memicu stres dan emosi negatif yang juga dapat mempengaruhi janin.

Beberapa jenis film mungkin kurang tepat ditonton oleh Ibu hamil seperti film yang penuh kekerasan, teror, tragedi dan horor.

3. Hindari Waktu Ramai Saat Menonton

Nonton Bioskop
Ilustrasi Nonton Bioskop Foto : Pexels

Hindari menonton film di bioskop saat sedang ramai pengunjung yang berisiko membuat perut Mami terdorong atau terbentur, serta bisa membuat Mami merasa tak nyaman, kondisi ini juga bisa mengakibatkan mams tertular penyakit dari orang lain

4. Atur dan Pilih Posisi Duduk yang Tepat

Jika memungkinkan mami bisa memilih posisi duduk yang dekat dengan tangga atau pintu keluar. Meski posisi ini mungkin dirasa tidak terlalu nyaman saat menatap layar bioskop, Namun kondisi Ini dapat memudahkan mami untuk keluar tanpa harus menerobos kerumunan atau berisiko tersenggol orang lain maupun sandaran kursi.

Selain itu, Mams juga harus menghindari posisi yang terlalu dekat dengan layar saat menonton film di bioskop, Karena kondisi ini bisa membuat mata mami menjadi tidak nyaman dan lama-kelamaan menjadi pusing. Jika diteruskan, bukan tidak mungkin bahkan mami bisa merasa mual dan ingin muntah.

5. Jangan Menonton Sendirian

Saat dalam kondisi hamil, sebisa mungkin mams harus menghindari menonton film sendirian di bioskop karena kondisi ini terlalu berisiko. Studio bioskop umumnya gelap dan minim cahaya, jika Mami sendirian dan tidak ada pegangan, Mami berisiko jatuh dan kehilangan keseimbangan.

Jadi, upayakan untuk sebisa mungkin mams harus ada yang menemani. Baik oleh Papi, maupun oleh sahabat atau anggota keluarga lainnya. selain itu menonton dengan pasangan, keluarga atau teman bisa membuat mams lebih rileks dan bisa mendapatkan bantuan yang diperlukan dengan lebih mudah saat diperlukan

6. Gunakan Pakaian yang Sesuai dan Nyaman

Seperti yang mams ketahui, studio di bioskop rata-rata bersuhu dingin. Paparan suhu dingin terlalu lama pun bisa membuat Mami pusing dan mual. untuk menghindari hal ini, Mams bisa memilih pakaian yang cukup hangat dan tetap berbahan lembut. Sehingga Mami pun tetap merasa nyaman dan tidak berisiko mual karena suhu dingin.

7. Pilih Camilan yang Bergizi

Makanan dan camilan yang dijual di bioskop kebanyakan adalah makanan cepat saji atau junk food, minumannya pun banyak yang bergula tinggi. makanan ini tidak memberikan nutrisi dan gizi yang cukup bagi ibu hamil dan janin.

Alangkah baiknya mams, bisa makan terlebih dahulu dirumah atau makan diluar bioskop dengan nutrisi dan gizi yang sesuai untuk kehamilan.  Jangan lupa siapkan air mineral untuk menjaga asupan cairan selama menonton.

Kesimpulan

Jika Mami telah mempertimbangkan berbagai hal diatas, maka menonton di bioskop seharusnya bisa jadi hiburan yang aman dan menyenangkan untuk menghilangkan rasa stress. Jadi, tidak perlu khawatir karena ibu hamil tetap boleh nonton dan menikmati film kesayangan.

Nah, Demikian penjelasan tentang hal-hal yang perlu mami lakukan saat menonton bioskop, semoga bermanfaat dan selamat menonton film di bioskop ya mams 🙂

 

Referensi : 

  • https://www.sehatq.com/artikel/ibu-hamil-boleh-nonton-bioskop
  • https://www.popmama.com/pregnancy/second-trimester/annas/perhatikan-ini-saat-ibu-hamil-nonton-di-bioskop?page=all

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait