Apakah BPJS bisa digunakan untuk program bayi tabung? Memiliki anak tentu menjadi dambaan setiap pasangan suami istri. Tak jarang suami istri rela melakukan program hamil demi bisa mendapatkan momongan dengan cepat.

Banyak program kehamilan yang bisa dilakukan baik secara alami maupun dengan bantuan medis. Namun  era modern sekarang ini banyak pasangan yang memilih untuk melakukan bayi tabung. Setelah sebelumnya ada banyak publik figur yang berhasil melakukan bayi tabung.

Metode bayi tabung ini memiliki presentase yang cukup tinggi untuk mendapatkan momongan secara cepat. Namun hal tersebut juga seimbang dengan biaya fantastis yang perlu dikeluarkan. Sehingga bayi tabung ini mayoritas dilakukan oleh pasangan dengan finansial yang cukup.

Lantas bagaimana masyarakat awam yang ingin mengikuti program bayi tabung. Apakah program bayi tabung ini bisa ditanggung oleh BPJS? Untuk mengetahui hal tersebut bisa simak penjelasannya berikut ini.

Apakah BPJS Bisa Digunakan Untuk Program Bayi Tabung

Sejak beroperasi BPJS Kesehatan memang menjadi andalan masyarakat Indonesia, terutama untuk melakukan pengobatan. Iuran yang relatif lebih murah telah mampu menjangkau persoalan kesehatan yang ada di masyarakat saat ini.

Kendati demikian ada beberapa program atau penyakit yang biayanya tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Lalu ada yang bertanya, kalau program bayi tabung apakah bisa menggunakan BPJS Kesehatan?

Merujuk pada Peraturan Presiden No. 12 Tahun 2013 Pasal 25. Pelayanan kesehatan untuk mengatasi infertilitas, salah satunya melalui program bayi tabung, tidak bisa dengan BPJS Kesehatan. Sehingga untuk pasangan yang ingin melakukan program bayi tabung harus menggunakan dana pribadi.

Jadi, apakah BPJS bisa digunakan untuk program bayi tabung? Jawabannya tidak bisa. BPJS Kesehatan tidak meng-cover biaya atas bayi tabung. Meski begitu sekarang ini tidak perlu khawatir lagi. Ada beberapa rumah sakit yang mulai menyediakan bayi tabung dengan harga terjangkau.

Pilihan Rumah Sakit Untuk Program Bayi Tabung Terbaik Dengan Harga Terjangkau

Berikut ini daftar rumah sakit yang menjalankan program bayi tabung. Lengkap dengan biaya yang harus dikeluarkan pasangan suami istri.

1. RS Family Pluit

Apakah BPJS bisa digunakan untuk program bayi tabung

Meski biaya dari program bayi tabung ini tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan Tetapi RS Familiy Pluit ini memberikan program bayi tabung dengan harga terjangkau. Rumah sakit ini memiliki Klinik Family Fertility Center (FFC) dengan biaya murah.

Program fertilitasi in vitro yang disediakan mulai dari 20 juta hingga 60 juta. Harga tersebut terbilang murah dibandingkan harga yang ditawarkan rumah sakit lainnya.

2. Rumah Sakit Bunda Menteng

Apakah BPJS bisa digunakan untuk program bayi tabung

Untuk yang masih daerah Jakarta, bisa datang ke Rumah Sakit Bunda Menteng. Rumah sakit ini menyediakan program bayi tabung dengan harga terjangkau. Untuk dapat melakukan program bayi tebung anda memerlukan biaya sebesar 40 juta rupiah.

Harga tersebut belum termasuk dengan biaya laboratorium dan lainnya. Namun harga tersebut tergantung dari jenis bayi tabung yang kamu pilih. Semakin banyak permasalahan yang harus dihadapi, maka semakin besar pula biaya yang diperlukan.

3. RS Harapan Kita

Apakah BPJS bisa digunakan untuk program bayi tabung

RS Harapan Kita ini sudah menangani program bayi tabung selama 24 tahu. Ternyata rumah sakit ini memiliki angka keberhasilan yang sejajar dengan rumah sakit yang ada di Amerika Serikat dan Eropa. Tingkat keberhasilannya sebesar 30-40 persen.

Meski begitu harga yang ditawarkan oleh RS Harapan Kita ini masih terbilang terjangkau. Pasalnya harga yang ditawarkan oleh RS Harapan Kita berkisar mulai dari 20-80 juta rupiah. Sama halnya dengan rumah sakit yang lain, harga dari program bayi tabung ini tergantung pada kondisi pasien.

4. RS Sakit Hasan Sadikin Bandung

Apakah BPJS bisa digunakan untuk program bayi tabung

Selain di Jakarta, Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung juga menjadi rumah sakit dengan program bayi tabung termurah. Rumah sakit ini memberikan harga sekitar 49 juta rupiah . namun harga tersebut hanya untuk satu siklus saja.

Mulai dari pengambilan sel sperma dan sel telur yang kemudian dibuahi melalui program IVF hingga terjadinya kehamilan. Namun, harga tersebut belum termasuk harga penyimpanan embrio dalam freezer. Apabila pembuahan gagal, maka akan dikenakan biaya kembali untuk memasukkan embrio kembali.

5. RS Daya Medika

Apakah BPJS bisa digunakan untuk program bayi tabung

Rumah sakit yang bekerja sama dengan PT Ingin Anak ini menerapkan metode SMART. Yaitu metode Sophisticated, Modern, Affordable, Reproductive and Technology. Karenanya jangan heran jika RS ini menawarkan biaya murah, hanya sebesar 30 juta per siklus.

Bahkan dalam paket tersebut telah termasuk stimulasi induk, pemantauan pertembuhaa, pematangan sel telur, pengambilan sperma, pembuahan, transfer embrio dan lainnya. Sehingga ini adalah salah satu rumah sakit terbaik yang memberikan harga murah.

Sekarang sudah terjawab ya, apakah BPJS bisa digunakan untuk program bayi tabung? Jawabannya tidak bisa. Jika ingin mencoba bayi tabung harus dengan biaya pribadi. Namun jangan khawatir karena ada beberapa rumah sakit yang menyediakan bayi tabung harga murah.