Tahukah bunda apa ciri-ciri alergi dingin? Sebenarnya alergi dingin memiliki reaksi yang berbeda antara satu anak dengan anak lainnya.

Gejala yang seringkali menonjol, yaitu badan terasa gatal, menurut medis faktor yang melatarbelakangi adalah keturunan. Adapula yang menyebutkan bahwa imunitas tubuhnya sedang di bawah normal.

Pastinya Bunda bingung, bukan? Apabila kejadian tersebut menimpa si kecil. Agar tak salah menafsirkan, berikut ini adalah ciri tentang reaksi alergi dingin pada anak.

Apa Ciri-Ciri Alergi Dingin Yang Bisa Menyerang Si Kecil

Gejala alergi muncul karena imun tubuh merespon hawa dingin dan melepaskan histamin. Akibatnya yang dialami oleh kulit adalah rasa gatal yang tak tertahankan.

Jika Anak Bunda alami hal serupa, dapat dipastikan bahwa hal tersebut merupakan alergi. Namun, ada kalanya reaksi ini juga membingungkan orangtua. Sebenarnya seperti apa sih reaksi yang sebenarnya?

Berikut ini, apa ciri-ciri alergi dingin yang dapat menyerang anak. Langsung saja cirinya sebagai berikut:

  • Tubuh membengkak setelah memegang benda yang sangat dingin atau terpapar udara dingin.
  • Setiap pagi alami bersin tanpa sebab.
  • Tiba-tiba alami batuk dengan rasa gatal pada bagian tenggorokan.
  • Ketika keluar rumah terpapar udara dingin kulit muncul ruam merah.

Perlu diketahui bahwa reaksi alergi memang terdapat ruam merah. Namun terkadang juga bukan perkara terkena hawa dingin. Barangkali jika menemukan si kecil selalu memerah pada kulit, sebaiknya memeriksakan dulu ke dokter.

Apakah Bunda sudah paham dan mengerti? Atau masih bingung mengenai apa ciri alergi dingin?Pastinya sudah, bukan? Sekarang saatnya perlu tahu penyebab dari alergi dingin.

Faktor Penyebab Dan Cara Mengatasi Anak Yang Terkena Alergi Dingin

Ada beberapa penyebab atau faktor yang menjadikan anak bisa memiliki alergi terhadap dingin. Berikut ini penyebab mengapa anak bisa terkena alergi dingin.

  • Keturunan dari keluarga ayah atau ibu.
  • Usia juga bisa mempengaruhi terjadinya alergi pada anak.
  • Riwayat penyakit juga bisa memicu terjadinya alergi, contohnya kanker.
  • Terpapar hawa dingin sampai mencapai suhu rendah, yaitu 4 derajat celcius.
  • Efek dari berendam air dingin.
  • Tidak kuat dengan ruangan ber AC.

Seperti yang sudah disampaikan pada poin atas bahwa zat kimia bernama histamin inilah pemicu terjadinya reaksi alergi akibat terpapar cuaca dingin. Bahkan lebih parahnya lagi bisa terjadi mimisan karena hidung menjadi kering.

Agar tak terjadi hal tak diinginkan sebaiknya bunda memberikan pakaian hangat ketika cuaca cukup ekstrim. Kemudian setiap pagi si kecil harus mandi menggunakan air hangat.

Pastikan juga tidak mengkonsumsi air dingin seperti es atau es krim, sebaiknya rajin mengkonsumsi air hangat ketika pagi atau cuaca sedang ekstrim.

Itulah tadi apa ciri-ciri alergi dingin yang bisa menyerang si kecil. Sebaiknya ketika anak telah terpapar alergi dingin, lebih baik konsultasikan ke dokter secara langsung.