Butuh rekomendasi sekolah TK islam di Bandung dengan fasilitas dan kualitas terbaik? Pastikan untuk selalu melakukan survey sebelum mendaftarkan anak.

Namun, kini tidak perlu khawatir, sudah banyak sekolah favorit yang populer di kota kembang. Simak berikut ini untuk penjelasan lebih lanjut.

Tips Memilih Sekolah TK Islam Terbaik

Ada beberapa tips yang terbaik untuk memilih sekolah TK yang bagus untuk si kecil. Berikut ini beberapa tips yang bisa ayah dan bunda lakukan.

1. Pilih Kurikulumnya

Sebaiknya bunda memilihkan sekolah yang mengajarkan pelajaran Islam sesuai dengan usia anak. Jangan memilih sekolah dengan kurikulum yang terlalu berat untuk anak.

Karena masa TK adalah saatnya anak mengenal lingkungan yang baru. Sehingga jangan dibebani si kecil dengan pelajaran dan kurikulum yang berat.

2. Kemampuan Guru

sekolah TK Islam di Bandung
ilustrasi guru TK (foto: Freepik)

Pilih guru yang memang terbaik dengan pengajaran dan tingkat kesabaran luar biasa. Jangan sampai ayah dan bunda memilih sekolah dengan kompetensi guru yang kurang.

Misal guru yang terlalu sinis atau galak ke anak. Karena ini dapat membuat si kecil menjadi trauma untuk pergi ke sekolah.

3. Lingkungan TK Yang Baik

Sebaiknya orang tua memilihkan sekolah anak dengan lingkungan yang kondusif. Hal ini berguna untuk mendukung pencapaian tujuan pendidikan anak-anak.

Selain itu juga lingkungan yang baik untuk anak mampu mempengaruhi ketenangan anak dalam belajar di sekolah.

4. Pelatihan Budi pekerti

sekolah TK Islam di Bandung
ilustrasi anak belajar (foto: Freepik)

Pilih kurikulum sekolah untuk si kecil yang sesuai dengan tuntunan agama. Karena ini adalah sekolah Islam sebaiknya pilih yang sesuai dengan kompetensi ajaran Islam.

Karena sekolah yang baik akan mengajarkan muridnya untuk berperilaku yang baik dengan budi pekerti luhur yang sesuai ajaran agama.

5. Waktu Belajar Anak

Sebaiknya pilih sekolah yang memiliki jam belajar anak yang tak terlalu membebani si kecil. Sebab waktu belajar anak sangat mempengaruhi kemampuan dan kecerdasan anak.

Karena anak yang terlalu banyak jam belajarnya juga tidak baik. Sebab anak TK ini masih dalam tahap waktu pengenalan dan sebaiknya tak terlalu lama di sekolah.

Beragam Rekomendasi Sekolah TK Islam di Bandung

Jika berbicara seputar pendidikan pada anak, orangtua harus dapat memilih dengan cermat. Banyak sekolah yang belum sesuai standar, tetapi sudah beroperasional.

Pertimbangan segi fasilitas hingga layanan pun harus diperhatikan dengan baik. Oleh sebab itu, ada beberapa rekomendasi TK islam terbaik, di antaranya.

1. TK Assalam

sekolah TK Islam di Bandung
TK Assalam (foto: Gmaps)

Daftar rekomendasi sekolah TK Islam di Bandung pertama ada TK Assalam dengan pembelajaran interaktif. Membuat anak menjadi semangat untuk belajar dan datang ke sekolah.

Dengan memakai standar fun global Islamic learning, memungkinkan siswa mampu tumbuh dengan akhlak yang baik. Selain itu, harapannya siswa juga mampu tumbuh aktif dan kreatif.

Bukan hanya sekadar mempelajari akademi formal, namu juga eksplorasi diri. Dengan begitu, para siswa dapat tumbuh aktif sesuai perkembangan usianya.

Fasilitas playground pun sudah disediakan oleh pihak sekolah. Orang Tua yang berminat mendaftarkan sang buah hati bisa langsung ke Jl. Sasak Gantung No. 9 Bandung.

2. TK Khalifah

sekolah TK Islam di Bandung
Tk Khalifah (foto: Gmaps)

Selanjutnya rekomendasi sekolah TK islam, di antaranya ada TK Islam Khalifah. Masuk ke dalam sekolah yang mempunyai visi misi yang jelas.

Berkat hal itulah, banyak dari orangtua yang mempercayakan pendidikan anak mereka. Hingga saat ini saja, sudah banyak cabang dari TK Islam Khalifah di beberapa daerah.

Untuk sekolah yang berlokasi di Bandung, alamat lengkapnya, yaitu di Jl. Cemp. Portal No.23, RT.002/RW.028, Pengasinan, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat.

3. Darul Hikam Kindergarten

sekolah TK Islam di Bandung
Darul Hikam Kindergarten (foto: gmaps)

Setiap rekomendasi sekolah TK Islam tentu punya kualitas yang baik. Misalnya sekolah TK Darul Hikam yang terletak di Jl. Cisitu Indah No.16, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Sekolah yang menerapkan sistem belajar sambil bermain agar siswa suka dengan sekolah. Hal tersebut dilakukan dengan harapan agar siswa mau belajar dengan suka cita.

Penggunaan bahasa yang diterapkan di dalam sekolah, yaitu Arab, Inggris dan Indonesia. Hampir sama dengan TK lainnya pembelajaran formal juga diajarkan oleh guru profesional.

Untuk pengajaran pendidikan agamanya juga dimulai dari dasar. Kegiatan tersebut sudah didukung dengan keberadaan masjid yang berada di dekat sekolah.

4. TK Islam Al Azhar 30 Bandung

sekolah TK Islam di Bandung
TK Islam Al Azhar 30 Bandung (foto: gmaps)

Berikutnya ada rekomendasi sekolah TK islam, yaitu Al Azhar 30 Bandung. Kurikulum pengajarannya tidak hanya sebatas pelajaran formal, namun juga agama.

Nama sekolah yang satu ini tentu cukup populer bukan? Pasalnya mulai dari tingkat TK, SD, SMP hingga SMA sudah tersedia.

Bukan hanya dikenal karena cabang sekolahnya yang tersebar di beberapa daerah Indonesia saja. Alamatnya sekolahnya di Jl. Tirtasari III No. 1 Sarijadi, Sukasari.

5. TK Islam Al Ikhlas

sekolah TK Islam di Bandung
TK Islam Al Ikhlas (foto: Gmaps)

Sedang mencari rekomendasi sekolah TK Islam terbaik? Pastikan untuk memilih TK Islam Al Ikhlas yang beramat di Jl. Gunung Batu No. 123 Sukaraja.

Jadi salah satu tempat pendidikan anak yang tidak hanya mengedepankan akademik, namun juga akhlak. Sekolah ini juga menyiapkan anak untuk jadi generasi yang mandiri.

Memungkinkan untuk setiap anak bisa tumbuh sesuai dengan usia perkembangannya. Dengan begitu, kecerdasan emosionalnya pun akan terbentuk dengan baik.

Bagaimana menarik bukan beberapa rekomendasi sekolah TK Islam di Bandung yang dijelaskan? Selain itu, sekolah di atas juga sudah terakreditasi dan diakui.