Apakah pusar boleh dibersihkan atau tidak? Banyak sekali orang yang sering sekali merasa harus membersihkan pusar.

Terutama untuk bayi, terkadang banyak sekali yang membersihkan pusarnya. Lantas apakah hal tersebut boleh dilakukan atau justru malah berbahaya? 

Bunda dan ayah harus tahu nih, apakah membersihkan pusar itu baik dan diperbolehkan. atau justru malah hal itu berbahaya, simak penjelasannya di bawah ini.

Apakah Pusar Boleh Dibersihkan?

Dilansir dari situs Phys, rata-rata pusar manusia dihinggapi lebih dari 67 jenis bakteri. Jika dibiarkan, penumpukan kuman ini berpotensi akan menjadi penyakit.

Jadi hal ini tentu dapat berujung kurang baik, terutama bagi kesehatan jika dibiarkan lama. Namun mengenai hal tersebut, apakah pusar boleh untuk dibersihkan?

Perlu kamu ketahui kalau pusar sebaiknya wajib dibersihkan. Pasalnya tak jarang pusar yang kotor justru akan menimbulkan bau yang kurang sedap.

Lantas apakah pusar boleh boleh dibersihkan? Menurut pakar dermatologi Gretchen Frieling, MD membolehkan seseorang membersihkan kotoran di pusar.

Asalkan dilakukan secara hati-hati karena masalah dapat terjadi jika hal itu melukai, mengikis kulit atau mengeluarkan darah.

Kenapa Pusar Bisa Bau?

Pusar bisa bau biasanya karena orang tidak mengetahui apakah pusar boleh dibersihkan atau tidak. Alhasil pusar dibiarkan saja tanpa mengetahui dampak buruknya.

Kamu pasti pernah iseng mencium bau pada pusar sendiri. Hal ini tak jarang banyak orang yang mengetahui kalau pusar bisa menimbulkan bau.

Hal ini tentu saja disebabkan karena berbagai kotoran, debu, sabun, dan keringat. Alhasil kotoran yang menumpuk akan dijadikan tempat kuman berkembangbiak.

Sehingga penting untuk membersihkan pusar. Namun membersihkan pusar tidak boleh sembarangan, karena bisa saja bakteri masuk kedalam perut melalui pusar yang dibersihkan terlalu dalam.

Pusar adalah area pada tubuh yang tersembunyi sehingga cara membersihkannya juga sangat khusus. Masalah bau pada pusar sebenarnya adalah soal kebersihan.

Dari berbagai kotoran yang akhirnya menumpuk dan muncul aroma yang tidak sedap. Jadi, itulah alasan kenapa pusar bisa bau.

Cara Membersihkan Pusar Yang Benar

Dari jawaban diatas dapat disimpulkan kalau membersihkan pusar boleh saja asalkan dengan cara yang tepat. Berikut cara membersihkan pusar yang aman.

1. Bersihkan Saat Mandi

apakah pusar boleh dibersihkan
ilustrasi membersihkan pusar setelah mandi (foto: Freepik)

Salah satu cara apakah pusar boleh dibersihkan yang paling efektif adalah saat mandi. Pasalnya saat mandi kamu bisa membersihkan pusar hingga bersih.

Jika kamu masih bingung mulai darimana, begini cara membersihkan pusar saat mandi. Sebelum itu, pastikan untuk siapkan kain lembut ya.

  • Siapkan gayung yang berisi air dan sabun
  • Ambil kain yang sudah disiapkan sebelumnya
  • Celupkan kain ke air, lalu bersihkan bagian pusar perlahan
  • Setelah dirasa telah bersih, bilas dan keringkan dengan bagian kain yang kering

Ketika pusar sudah dibersihkan, kamu bisa memakai kain kering atau handuk agar kotoran tidak ada yang menempel. Pastikan tidak dalam keadaan lembab.

2. Scrup Air dan Kopi Bubuk

Untuk membersihkan pusar yang aman, kamu bisa mencoba membuat scrub alami dari campuran air dan kopi bubuk. Caranya mirip ketika kamu sedang luluran.

Akan tetapi perlu kamu ketahui saat melakukan lulur pada pusar, sebaiknya gosok secara perlahan. Hindari gerakan kasar agar pusar tidak lecet dan sakit.

Alasan lain adalah karena pusar memiliki tekstur yang tipis dan sensitif sehingga hati-hati saat membersihkannya ya. Sangat baik jika dilakukan pelan-pelan saja.

3. Air Lemon

apakah pusar boleh dibersihkan
ilustrasi membersihkan pusar degan air lemon (foto: Freepik)

Air lemon juga bisa kamu jadikan solusi untuk membersihkan pusar. Cara ini terbilang alami sehingga akan lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Caranya sangat simpel yaitu siapkan kapas dan perasan air lemon saja. Masukkan kapas ke air lemon dan kemudian gosok secara perlahan. 

Perasaan lemon ini tidak hanya untuk membersihkan pusar saja ya. Tetapi bermanfaat untuk menghilangkan bau yang ada di dalam pusar.

4. Minyak Kelapa Yang Hangat

Jika kondisi pusar sudah susah untuk dihilangkan, maka minyak kelapa adalah salah satu solusi yang tepat. Akan tetapi minyak kelapa ini dalam kondisi hangat ya.

Penggunaan minyak kelapa ini dipercaya lebih efektif untuk menghilangkan kotoran yang telah menumpuk. Selain itu caranya simpel dan aman.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengoleskan pada pusar. Gosok perlahan searah jarum jam dan juga sebaliknya. Lakukan dengan perlahan agar lebih nyaman.

Lantas apakah pusar boleh dibersihkan? Jawabannya boleh. Akan tetapi cara membersihkannya harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar ya.