7 Tanda-tanda Haid Akan Datang Pada Anak Perempuan Saat Masa Pubertas

Ilustrasi anak sedang haid Foto: canva

Sebagai orang tua bunda harus tahu tanda-tanda haid akan datang pada anak. Berikut 7 tanda-tanda haid akan datang pada anak perempuan saat masa pubertas.

Bunda harus tahu tanda-tanda haid akan datang pada anak supaya nantinya ketika haid pertama kali anak tidak binggung, dan bunda bisa memberikan jawaban yang anak butuhkan.

Anak yang telah puber akan mengalami haid untuk pertama kalinya. Oleh karena itu bunda harus tahu pada usia berapa anak perempuan mengalami menstruasi pertamanya.

Selain itu bunda harus tahu juga tanda-tanda haid akan datang pada anak. Berikut 7 tanda-tanda haid akan datang pada anak perempuan saat masa pubertas.

7 tanda-tanda haid akan datang pada anak

Bunda setiap anak akan haid dengan waktu yang berbeda-beda. Hal ini sangat normal, karena terdapat banyak faktor yang menjadi pengaruh, seperti pola makan, aktivitas fisik dan stres.

Jadi, bunda jangan khawatir jika sang buah hati terlalu cepat haid atau bahkan terlalu lama. Berikut yang bunda harus tahu tanda-tanda haid akan datang pada anak:

tanda-tanda haid akan datang pada anak
Ilustrasi sakit perut ketika haid Foto: canva

1. Muncul flek

Muncul flek menjadi tanda-tanda haid akan datang pada anak yang pertama bunda. Anak akan menemukan darah yang keluar dari vagina di celana dalam yang digunakan.

Biasanya flek akan muncul kurang lebih 6 bulan sebelum sang buah hati mengalami haid pertamanya. Darah ini berwarna kecoklatan dan akan keluar dengan volume sedikit pada beberapa hari pertama haid.

Darah ini akan berubah warna menjadi merah dan volume yang keluar akan bertambah banyak pada ahri berikutnya. Oleh sebab itu sang buah hati bunda harus menggunakan pembalut.

2. Keputihan

Tanda-tanda haid akan datang pada anak salah satunya yaitu keputihan. Biasanya tanda ini muncul beberapa bulan sebelum haid pertama sang anak datang bunda.

Keputihan ini merupakan gejala yang normal terjadi bunda, guna persiapan terjadinya haid pertama. Setelah sistem reproduksi anak siap dan sudah matang, anak akan mengalami haid pertamanya.

3. Perubahan fisik

Perubahan fisik menjadi tanda-tanda haid akan datang pada anak yang ketiga bunda. Biasanya anak akan mengalami perkembangan pada payudara. Hal ini biasanya di mulai pada usia 8 sampai 13 tahun dan terus berlanjut sampai masa pubertas anak.

4. Perubahan emosi

Untuk tanda-tanda haid akan datang pada anak yang keempat adalah sang anak akan mengalami perubahan emosi. Biasanya anak akan lebih mudah marah, mudah menangis tanpa alasan yang jelas.

Hal ini sangat wajar di alami setiap wanita yang akan haid atau sedang haid. Karena pada masa tersebut tubuh mengalami perubahan hormon yang dapat mempengaruhi emosional.

5. Pertumbuhan rambut

Tanda-tanda haid akan datang pada anak yang kelima adalah anak akan mengalami pertumbuhan rambut. Anak akan mengalami rambut ketiak mulai tumbuh dan kelenjar penghasil minyak pada kulit mulai berkembang.

Karena itu, kebanyakan anak yang akan mengalami haid pertama akan mulai berjerawat yang disebabkan oleh tersumbatnya kelenjar minyak.

6. Nafsu makan meningkat

Untuk tanda-tanda haid akan datang pada anak yang keenam adalah sang anak akan mengalami nafsu makan yang meningkat.

Bertambahnya nafsu makan sang anak sebelum dan saat haid ini berhubugan dnegan tinggi dan kenaikan berat badan. Dan hal ini merupakan suatu hal yang wajar terjadi ketika masa pubertas.

7. Kram Perut

Kram perut menjadi tanda-tanda haid akan datang pada anak yang terakhir bunda. Rata-rata setiap wanita akan mengalami kram perut ketika akan haid ataupun sedang haid. Biasanya kram perut ini akan terjadi beberapa hari sebelum haid pertama.

Itu tadi bunda 7 tanda-tanda haid akan datang pada anak perempuan saat masa pubertas. Semoga dengan adanya informasi mengenai hal ini bisa membantu masalah sang anak ketika ingin mendapatkan haid pertamanya.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait