7 Jenis Buah Untuk Menaikkan Trombosit Dengan Cepat

Ilustrasi buah-buahan Foto: canva

Makan buah merupakan suatu hal yang sangat sehat Bunda. Simak di sini 7 jenis buah untuk menaikkan trombosit dengan cepat.

Buah untuk menaikkan trombosit dengan cepat dipercaya mampu mempercepat penyembuhan kepada bunda yang sedang mengalami demam berdarah.

terdapat beberapa buah yang dipercaya bisa menaikkan trombosit. Terjadinya penurunan kadar trombosit bisa dikarenakan seseorang yang menderita penyakit demam berdarah.

Tidak hanya itu bunda, turunnya kadar trombosit juga bisa diakibatkan karena mengkonsumsi obat tertentu. Karena itu memakan buah untuk menaikkan kadar trombosit sangat penting. Berikut 7 jenis buah untuk menaikkan trombosit dengan cepat, beserta penjelasan apa itu trombosit.

Apa itu Trombosit

Selain jenis buah apa saja yang mampu menaikkan kadar trombosit, bunda harus tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan trombosit. Trombosit sendiri merupakan salah satu komponen darah yang memiliki fungsi membantu proses pembekuan darah.

Dan trombosit ini hanya bisa bertahan selama 10 hari bunda, setelahnya sumsum tulang akan menghasilkan persediaan trombosit baru lagi bagi tubuh.

Untuk cara kerja trombosit ini yaitu, ketika tubuh mengalami luka trombosit sendiri akan diperintahkan ke lokasi luka supaya membantu darah menjadi lengket dan membentuk gumpalan.

Dan hal itulah yang menyebabkan darah berhenti mengalir keluar. Dan pada waktu yang bersamaan juga trombosit akan merangsang protein dalam darah untuk memproduksi fibrin.

Fibrin ini dikenal dengan benang-benang halus yang memiliki fungsi membantu trombosit untuk memperkuat sumbatan supaya menutup luka.

Tentunya tanpa adanya trombosit proses pembekuan darah bisa terganggu yang menyebabkan luka kecil pun dapat menjadi Pendarahan yang hebat.

Karena dari itu jika bunda kekurangan trombosit wajib mengkonsumsi beberapa pilihan buah. Berikut 7 jenis buah untuk menaikkan trombosit dengan cepat.

Jenis Buah untuk Menaikkan Trombosit

buah untuk menaikan trombosit
Ilustrasi buah-buahan Foto: canva

Selain menggunakan obat menaikkan trombosit juga bisa melalui buah yang bunda konsumsi. Berikut adalah 7 jenis buah untuk menaikkan trombosit dengan cepat:

1. Jambu biji

Jambu biji menjadi jenis buah untuk menaikkan trombosit dengan cepat yang pertama bunda. Karena pada buah jambu biji ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Vitamin C ini mampu menaikkan kadar trombosit dan sel darah putih pada penderita demam berdarah. Selain buahnya, dipercayai juga bahwa daun jambu biji ini bisa meningkatkan kadar trombosit.

2. Pepaya

Jenis buah untuk menaikkan trombosit dengan cepat yang kedua yaitu buah pepaya. Pepaya ini bisa meningkatkan produksi enzim yang memiliki peran dalam pembentukan trombosit pada sumsum tulang. 

3. Delima

Delima menjadi jenis buah untuk menaikkan trombosit dengan cepat yang ketiga. Buah ini mengandung banyak vitamin C dan juga folat yang memiliki peran dalam pembentukan sel darah.

4. Mangga

Jenis buah untuk menaikkan trombosit dengan cepat yang keempat yaitu buah mangga. Mangga bisa menaikkan trombosit karena memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi.

Karena vitamin C yang terdapat pada buah mangga ini bisa memaksimalkan penyerapan zat besi yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan juga trombosit.

5. Jeruk 

Jeruk menjadi jenis buah untuk menaikkan trombosit dengan cepat yang kelima bunda. Dalam buah jeruk memiliki kandungan asam folat yang menyerupai jenis vitamin yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah dan trombosit.

6. Labu kuning

Untuk jenis buah yang bisa menaikkan kadar trombosit yang keenam yaitu labu kuning. Labu kuning memang sering dikenal sebagai sayuran, labu kuning ini adalah golongan yang termasuk ke dalam buah-buahan.

Labu kuning sendiri memiliki sumber vitamin K yang bermanfaat bisa bagi bunda yang memiliki jumlah trombosit rendah dan  yang memiliki resiko mengalami pendarahan. 

7. Bit

Bit merupakan jenis buah untuk menaikkan trombosit dengan cepat yang terakhir bunda. Buah ini merupakan tanaman umbi-umbian yang tumbuhnya di dalam tanah seperti ubi dan singkong.

Karena warna dan bentuknya berbeda, bit seringkali disangka sebagai buah-buahan. Bit bisa menaikkan kadar trombosit karena dia mengandung vitamin C, zat besi dan folat yang dipercaya dapat membantu pembentukan darah.

Itu tadi bunda 7 jenis buah untuk menaikkan trombosit dengan cepat. Semoga dengan adanya informasi mengenai apa itu trombosit serta jenis buah untuk menaikkan trombosit dengan cepat bisa membantu.

Bagi bunda yang menderita kurangnya trombosit bisa mencoba tips ini, dengan mengonsumsi buah-buahan yang tentunya sehat dan bisa menaikkan kadar trombosit dengan cepat.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait