7 Cara Menghilangkan Rasa Malu dan Tidak Percaya Diri Pada Anak

Ilustrasi anak dan orangtau bermain Foto: canva

Wajar saja jika sang buah hati bunda masih merasa malu dan tidak percaya diri. Berikut 7 cara menghilangkan rasa malu dan tidak percaya diri pada anak.

Sebagai orang tua bunda harus bisa membantu sang buah hati untuk mengatasi masalah. Salah satunya ketika sang buah hati merasa malu dan tidak percaya diri untuk berinteraksi di sekitar lingkungan mereka.

Merasa malu dan tidak percaya diri pada anak terbilang wajar dan sering terjadi. Tapi rasa malu dan tidak percaya diri ini bisa mengganggu kehidupan sosial mereka. Oleh sebab itu peran orang tua sangat penting ya bunda.

Sebenarnya memiliki rasa malu dan tidak percaya diri pada anak tidak ada salahnya. Namun, hal ini bisa menyebalkan sang anak mengalami kesulitan menjalani kehidupan mereka ke depan nantinya.

Oleh sebab itu, wajib sekali mengajarkan anak menumbuhkan rasa percaya diri dan tidak mudah malu di lingkungan yang baru. Berikut 7 cara menghilangkan rasa malu dan tidak percaya diri pada anak.

7 cara menghilangkan rasa malu dan tidak percaya diri pada anak

Terdapat beberapa faktor pada anak ketika mengalami rasa malu dan tidak percaya diri. Salah satu faktornya adalah meniru dari sifat orang tua, bisa jadi tidak diajarkan bersosialisasi sejak dini, korban perundungan dan juga selalu dituntut menjadi yang terbaik dalam segala hal.

Berikut ini beberapa faktor yang dapat bunda lakukan untuk menumbuhkan sifat percaya diri dan berani pada sang anak. Terdapat 7 cara menghilangkan rasa malu dan tidak percaya diri pada anak:

cara menghilangkan rasa malu
Ilustrasi anak-anak Foto: canva

1. Menghargai diri sendiri

Cara menghilangkan rasa malu dan tidak percaya diri pada anak yang pertama yaitu dengan mengajarkan untuk menghargai diri sendiri. Bunda bisa mengajarkan sang buah hati untuk menghargai diri mereka sendiri dengan cara yang simple. Contohnya dengan memuji diri sendiri ketika mendapatkan pencapaian tertentu.

2. Jangan sebut anak pemalu

Untuk cara menghilangkan rasa malu dan tidak percaya diri pada anak yang kedua yaitu bunda jangan sebut anak pemalu. Karena hal ini bisa menyebabkan atau membuat sang anak yakin bahwa memang dirinya pemalu seperti yang dikatakan orang lain.

Bunda bisa membantu dengan mendorong sang anak untuk lebih berani dengan mengatakan kalimat pendukung dan penyemangat setiap mereka mencoba suatu hal yang baru.

3. Hindari memarahi anak

Hindari memarahi anak juga merupakan cara menghilangkan rasa malu dan tidak percaya diri pada anak. Ketika sang buah hati sudah melihatkan sifat pemalu mereka, ada baiknya bunda tidak memarahinya dan jangan juga memaksanya untuk melakukan hal yang ditakutinya.

Bunda harus mencoba memahami perasaan sang buah hati. Jelaskan secara pelan-pelan pada bahwa tidak ada hal yang perlu dia takuti dan berikanlah contoh pada sang buah hati untuk menghadapi situasi yang mereka hindari.

4. Rajin meminta anak menceritakan apa yang terjadi

Cara menghilangkan rasa malu dan tidak percaya diri pada anak yang ke-4 adalah bunda harus lebih sering mendengarkan cerita sang buah hati.

Biasanya sang anak sungkan atau malu untuk bercerita pada bunda. Maka dari itu bunda harus mencoba untuk mengambil hatinya dan memintanya untuk bercerita apa yang membuatnya malu  atau apa saja yang terjadi pada dirinya hari itu.

Dengan hal itu bunda akan menjadi pendengar yang baik bagi sang anak dan bisa membantu dia untuk mengatasi masalah yang dirasakannya.

5. Bangun rasa percaya diri

Bunda bisa membangun rasa percaya diri sang buah hati dengan cara berinteraksi dengan orang yang tidak dikenal. Bisa juga dengan cara bunda meminta tolong sang buah hati memesan makanan kepada pelayan saat makan di restoran atau meminta sang buah hati untuk membayar barang belanjaan di kasir.

Bisa juga dengan mencoba cara lain seperti mengadakan pesta kecil-kecilan di rumah dan mengundang banyak  teman-temannya beserta orang tua agar sang buah hati terbiasa bertemu banyak orang.

6. Tempatkan anak pada situasi sosial

Cara menghilangkan rasa malu dan tidak percaya diri pada anak yang keenam adalah bunda bisa turut langsung bantu anak bergaul dengan teman-temannya. Bunda bisa datang ke acara sekolah sang buah hati dan berbincang dengan banyak teman-temannya untuk berinteraksi dengan mereka.

7. Tunjukkan sifat percaya diri di depan anak

Cara menghilangkan rasa malu dan tidak percaya diri pada anak yang terakhir yaitu bunda bisa mencontohkan sifat percaya diri di depan anak.

Karena anak kerap kali meniru apa yang dilakukan bunda sebagai orang tuanya. Lakukan saja hal sederhana seperti menyapa tetangga saat bertemu di jalan atau ramah kepada orang lain. Dengan hal itu sang buah hati mungkin bisa ikut mencontohnya.

Itu tadi bunda 7 cara menghilangkan rasa malu dan tidak percaya diri pada anak. Diharapkan dengan adanya informasi ini bisa membantu bunda dan pasangan untuk mendidik anak lebih baik lagi. Semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait