6 Cara Efektif Buat Hentikan Anak dari Main HP

Ilustrasi Anak Main Hp Foto : Pixels

Di era online saat ini menjauhkan anak dari layar handphone (HP) merupakan salah satu tantangan besar bagi para orang tua. Namun, sisi positif dari penggunaan media tetaplah ada karena HP bisa dijadikan alat belajar yang penting bagi anak-anak saat ini.

Meskipun ada banyak keuntungan di dunia online, hal buruknya akan sangat membuat anak ketagihan dan mungkin meninggalkan dampak yang tidak baik bagi tumbuh kembang anak.

Penggunaan media yang tidak terukur dengan baik malah akan dapat menyebabkan kecenderungan berbahaya pada anak-anak. Dilansir dari laman Narayanahealth, menurut penelitian remaja menghabiskan sekitar 9 jam sehari di depan layar HP/laptop, sedangkan anak-anak (usia 8-12 tahun) menghabiskan 6 jam per hari.

Efek smartphone pada anak memang merugikan, berikut daftar efek samping penggunaan HP yang berlebihan pada anak yang perlu mami ketahui :

  • Masalah perilaku
  • Kecanduan
  • Depresi
  • Gangguan tidur
  • Kegemukan (obesitas)
  • Keterlambatan dalam perkembangan sosial
  • Masalah perhatian dan pendengaran
  • Masalah pada sistem saraf

4 Cara Efektif dan Mudah Untuk Hentikan Anak Main HP

Anak Main Hp
Ilustrasi Anak Main Gadget Foto : iStock

Maka dari itu, ini adalah tugas yang menakutkan untuk menjauhkan anak-anak Mami dari gadget, hal itu dapat menyebabkan gejala penarikan termasuk nafsu makan rendah dan amarah. Mengutip Narayanahealth, berikut 4 cara kreatif untuk menghentikan kecanduan HP pada anak mami:

1. Perhatikan Waktu Istirahat

Anak-anak memiliki banyak energi dan itu harus diinvestasikan secara efektif. Pastikan anak-anak mami sering melakukan sesuatu yang aktif. Manjakan mereka dengan jalan-jalan mini dan latihan peregangan setiap 30 menit. Tubuh perlu bergerak dan kebiasaan terbentuk sejak muda. Dorong mereka untuk aktif. Sangat penting untuk memecah waktu layar dan bergerak.

2. Prioritaskan Hal – Hal Lain

Pastikan anak mami menyelesaikan pekerjaan rumah, belajar, pekerjaan rumah tangga sebelum mereka menggunakan perangkat seluler. Ini membantu dalam menetapkan prioritas secara langsung sejak usia muda.

3. Membuat Rencana Media

Cara terbaik untuk mengekang konsumsi media yang tidak dibatasi adalah menyiapkan rencana media keluarga yang formal. Ini adalah pendekatan sistematis untuk membantu anak mami menggunakan media secara bertanggung jawab sejak awal.

4. Jangan gunakan Smartphone sebagai hadiah atau Pengalih perhatian

Smartphone memiliki potensi besar untuk menjadi nilai pendidikan yang besar bagi anak-anak. Pantang total dari itu tidak dianjurkan. Moderasi adalah kuncinya di sini. Banyak orang tua memanfaatkan waktu layar untuk mendorong anak-anak belajar/mengerjakan pekerjaan rumah/melakukan pekerjaan rumah, tetapi hal ini dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan. Hati-hati menggunakan smartphone sebagai pengalih perhatian atau hadiah karena hal ini dapat berdampak buruk pada anak-anak.

5. Terapkan Gaya Pengasuhan Zaman Dulu

Tidak dipungkiri, gadget seringkali menjadi “asisten” Mami dalam mengasuh anak, terutama bila Mams sedang sibuk dengan urusan pekerjaan atau rumah tangga.

Padahal, kalau dipikir-pikir, orangtua di masa lalu tetap bisa melaksanakan semua pekerjaan dengan baik di saat belum ada penemuan teknologi tersebut sama sekali.

Hal itu bisa jadi karena mereka pandai mengatur waktu dengan baik antara mengasuh anak sekaligus mengurus rumah tangga. Anak-anak di masa lalu juga sudah banyak membantu pekerjaan orangtuanya sejak usia dini. Selain meringankan pekerjaan Mami, hal itu juga dapat melatih kemandirian anak.

6. Hindari Meletakkan Gadget Sembarangan

Anak menjadi mengenal gadget dan terikat dengannya bila ia dapat mengakses alat tersebut dengan mudah. Oleh sebab itu, untuk mengatasi anak kecanduan gadget, hindarilah meletakkannya sembarangan. Pastikan pula area kamar tidur anak bebas dari alat tersebut. Bila gadget ia butuhkan untuk urusan sekolah, awasi dan batasi penggunaannya seketat mungkin.

Nah, Itulah beberapa tips dan cara efektif dan mudah yang bisa mami coba dirumah untuk hentikan anak main Hp

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait