5 Cara Menaikan HB (hemoglobin) Pada Ibu Hamil

Ilustrasi suami cium perut istri Foto: canva

Masalah HB atau hemoglobin sering terjadi kepada bunda yang sedang hamil. Maka dari itu sangat perlu cara menaikan HB (hemoglobin) pada ibu hamil.

Cara menaikan HB (hemoglobin) pada ibu hamil merupakan suatu hal yang perlu bunda ketahui ketika sedang hamil, karena kemungkinan ibu hamil untuk mengalami hemoglobin sangat tinggi.

HB atau hemoglobin sendiri dikenal sebagai protein sel darah merah yang memiliki fungsi mengangkut oksigen dari jantung ke seluruh tubuh.

Untuk memproduksian hemoglobin sendiri berasal dari sumsum tulang belakang. Tubuh kita ini membutuhkan HB yang normal tidak lebih dan tidak kurang serta juga membutuhkan zat besi tetapi vitamin B12.

Ketika bunda hamil mengalami HB yang rendah, bunda jangan menyepelekan kondisi ini. Karena ini sangat berbahaya kepada bunda dan juga calon buah hati.

Yang rendah biasanya bisa menyebabkan sang buah hati bunda ketika lahir memiliki berat badan yang rendah atau bayi yang lahir prematur dan juga Memiliki tingkat kematian pada ibu yang tinggi.

Oleh sebab itu ketika sedang hamil bunda harus memperhatikan HB atau hemoglobin ini. Berikut 5 cara menaikan HB (hemoglobin) pada ibu hamil:

5 cara menaikan HB (hemoglobin) pada ibu hamil

Bunda, HB atau hemoglobin merupakan suatu hal yang wajar dialami pada ibu hamil. Dikarenakan semua nutrisi yang bunda konsumsi apa yang masuk ke dalam tubuh bunda akan disuplai ke janin.

Hal itulah yang mengakibatkan angka HB atau hemoglobin bunda turun. Walaupun dikatakan wajar untuk ibu hamil mengalami kerendahan HB, bunda jangan menyepelekan kondisi ini.

Pasalnya jika hal ini terjadi sang buah hati bunda yang berada dalam kandungan akan mengalami kekurangan asupan makanan. Berikut 5 cara menaikan HB (hemoglobin) pada ibu hamil:

1. Makan buah-buahan

cara menaikan HB (hemoglobin) pada ibu hamil
Ilustrasi buah delima Foto: canva

Jika bunda mengalami penurunan HB ketika sedang hamil, salah satu cara menaikan HB (hemoglobin) pada ibu hamil  adalah memakan buah-buahan.

Tentunya tidak semua buah-buahan bisa bunda konsumsi, bunda hanya bisa mengonsumsi beberapa buahan yang bisa meningkatkan HB bunda ketika sedang hamil.

Delima adalah salah satu contoh buah yang bisa menambah HB atau hemoglobin bunda. Karena pada buah ini terdapat kandungan zat besi alami dan juga mengandung vitamin A dan C, serta memiliki asam folat dan antioksidan yang sangat baik.

2. Mengonsumsi suplemen asam folat

Cara menaikan HB (hemoglobin) pada ibu hamil  yang kedua adalah bunda bisa mengonsumsi suplemen asam. Karena asam folat dapat dipercaya bisa meningkatkan produksi sel darah merah dan juga bisa meningkatkan HB pada tubuh.

3. Makan makanan yang mengandung zat besi

Untuk cara menaikan HB (hemoglobin) pada ibu hamil  yang ketiga yaitu bunda bisa mencoba makan makanan yang mengandung zat besi. Karena zat besi dipercaya  sangat baik dikonsumsi ibu hamil untuk menaikkan HB selama hamil. 

Makanan yang dipercaya mengandung zat besi berupa daging sapi, kerang, ikan, kacang-kacangan dan masih banyak lagi.

4. Mengonsumsi Vitamin C

Mengonsumsi vitamin C juga merupakan salah satu cara menaikan HB (hemoglobin) pada ibu hamil bunda. Karena vitamin C sendiri memiliki fungsi untuk mempermudah penyerapan nutrisi zat besi ke dalam tubuh.

Untuk makanan yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yaitu berupa jeruk, mangga, kiwi, pepaya dan sebagainya.

5. Minum susu hamil

cara menaikan HB (hemoglobin) pada ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil minum susu Foto: canva

Ketika sedang hamil dan bunda mengalami penurunan HB atau hemoglobin, salah satu cara menaikan HB (hemoglobin) pada ibu hamil  yaitu dengan minum susu hamil. Mengkonsumsi atau minum susu hamil ini sangat disarankan untuk bunda dari awal kehamilan hingga menjelang melahirkan.

Karena susu khusus ibu hamil ini biasanya memiliki kandungan vitamin, zat besi dan juga terdapat asam folat yang dipercaya dapat menjaga kesehatan bunda dan juga calon buah hati.

Itu tadi bunda, 5 cara menaikan HB (hemoglobin) pada ibu hamil yang wajib bunda ketahui. Ketika bunda mengalami kenaikan HB, jangan panik cobalah untuk menerapkan beberapa cara ini.

Dan jika hal itu masih terjadi pada bunda, alangkah baiknya bunda berkonsultasi langsung pada dokter. Terima kasih sudah membaca sampai selesai dan sampai jumpa. 

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait