21 Minggu Berapa Bulan Kehamilan? Yuk Bunda, Simak Penjelasan Lengkapnya

Saat periksa ke dokter, bunda mungkin akan diberi tahu tentang usia kehamilan seperti contoh masuk ke usia 21 minggu. Pertanyaanya, 21 minggu berapa bulan kehamilan ya bun?

Faktanya, jika bunda sudah masuk minggu tersebut artinya kandungan mencapai kurang lebih 5 bulan.

Pada usia kehamilan ini, dikenal sebagai masa kehamilan paling nyaman. Dimana fase 21 minggu gejala awal kehamilan seperti morning sickness telah hilang.

Selain itu, bunda juga sudah bisa makan semua yang diinginkan, walaupun tetap saja muncul tantangan baru yaitu perut makin membesar.

21 Minggu Berapa Bulan Kehamilan?

21 Minggu Berapa Bulan Kehamilan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dokter menjelaskan usia kandungan dengan hitungan minggu. Sehingga, bunda sering bingung sebenarnya 21 minggu berapa bulan kehamilan?

Sebenarnya mudah saja, bisa ditinjau dari hitungan matematika. Jika satu bulan ada 4 minggu, artinya saat kandungan bunda usia 21 minggu sama dengan 5 bulan kehamilan. Jadi, sekarang bunda tidak perlu bingung, hamil 21 minggu artinya usia janin sudah masuk 5 bulan.

Perkembangan Janin Usia Kehamilan 21 Minggu (5 Bulan)

Pada umumnya, saat usia kehamilan bunda masuk 21 minggu janin akan mengalami beberapa perkembangan yang cukup siginifikan seperti:

1. Bayi Seukuran Wortel

Di fase ini, janin memiliki panjang sekitar 26,7 cm yang diukur dari ujung kepala hingga kaki.

Sementara itu, untuk berat janin usia kehamilan 21 minggu baru sekitar 350 gram saja. Dan jika diperkirakan, besar bayi usia 21 minggu seukuran wortel sedang.

2. Bayi Mengembangkan Lapisan Lanugo

Pada minggu 21 kehamilan, bayi dalam perut bunda juga sudah mulai menunjukkan perkembangan lapisan lanugo.

Dimana lapisan lanugo berguna untuk menjaga suhu bayi dalam rahim, dan biasanya akan hilang begitu bayi keluar dari perut.

Selain itu, pada janin usia 21 minggu sudah terlihat pertumbuhan rambut dan alis. Bunda bisa melihatnya dari pemeriksaan USG.

3. Bayi Bisa Mendengar Suara Bunda

21 Minggu Berapa Bulan Kehamilan

Bunda mungkin akan merasa senang sekali saat kandungan sudah masuk usia 21 minggu. Pasalnya, di fase ini janin sudah mulai bisa mendengar suara yang berasal dari luar rahim, termasuk suara bunda.

Oleh sebab itu, pada usia kehaminan ini adalah waktu yang tepat bagi bunda untuk merangsang pergerakan bayi dengan cara memperdengarkan lagu-lagu atau lantunan ayat suci bagi yang muslim.

Biasanya, ketika mendengar suara, janin akan menunjukkan respon seperti pergerakan. Bunda dan ayah bisa mencoba mengajaknya berinteraksi sejak masih dalam kandungan untuk meningkatkan bonding.

4. Bayi Mungkin Bisa Merasakan Apa yang Bunda Rasakan

Menariknya lagi, di minggu ke 21 kehamilan, apa saja yang bunda makan, janin dalam perut juga ikut merasakannya lho.
Hal ini disebabkan karena di usia tersebut, bayi akan menelan sedikit cairan ketuban setiap harinya.

Bunda harus tahu, rasa cairan ketuban ternyata berbeda-beda, tergantung dengan apa yang bunda makan.

Selain itu, ada banyak manfaat bayi menelan cairan ketuban seperti diantaranya melatih kemampuan menelan dan mencerna. Kemampuan ini akan sangat dibutuhkan saat bayi sudah lahir nanti.

5. Bayi Sudah Mulai Aktif Bergerak

Hamil 5 bulan sebenarnya perut bunda juga belum terlalu membesar. Oleh sebab itu, masih banyak ruang tersedia dalam rahim bunda.

Jadi wajar saja, saat kehamilan 21 minggu bayi akan semakin bergerak aktif karena ketersediaan ruangan yang luas. Pada umumnya mereka akan leluasa bergerak, berputar, hingga menendang dan semuanya bisa dirasakan oleh bunda.

6. Bayi Mulai Punya Waktu Tidur

Bayi dalam kandungan dengan usia 21 minggu memang sangat aktif. Namun, mereka ternyata juga sudah punya waktu tidur lho bunda.

Di usia 21 minggu, bayi sudah bisa memutar posisi kepala, hingga bergerak ke bawah mendekati panggul bunda, yang menjadi pertanda waktu tidurnya.

Jadi, 21 minggu berapa bulan kehamilan? Menurut perhitungan, artinya bunda sudah masuk usia kehamilan 5 bulan. Sudah banyak perkembangan yang ditunjukkan oleh janin pada usia tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait