Bunda, ketahui berapa lama anak sembuh dari flu Singapura. Anak kecil ini cukup rentan untuk terkena flu singapura.

Gejala flu Singapura ini perlu diwaspadai oleh orang tua. Terutama untuk di kecil agar dapat memperoleh penanganan yang tepat lebih awal.

Perlu untuk diketahui kalau penyakit ini sangat rentan sekali dialami oleh anak-anak. mengingat daya tumbuh anak yang masih belum terbentuk secara sempurna.

Sehingga penting sekali untuk memahami apa itu flu Singapura dan berapa lama biasanya sembuh ketika menjangkiti anak-anak.

Apa Itu Flu Singapura Pada Anak

Flu singapura ini adalah penyakit yang muncul pada area tangan, kaki dan mulut. Diakibatkan adanya infeksi menular.

Kondisi ini sangat rentan sekali menyerang anak-anak, terutama di bawah usia 10 tahun. Namun lebih sering terjadi menyerang anak dengan usia di bawah 5 tahun.

Gejala flu Singapura pada anak ini awalnya ditandai dengan demam selama 1-3 hari kemudian diikuti dengan munculnya luka di mulut serta ruam pada kulit tangan dan kaki. Pada beberapa kasus, luka juga dapat muncul pada bagian siku, bokong atau selangkangan anak.

Penyebab Terjadinya Dan Berapa Lama Anak Sembuh Dari Flu Singapura

Flu Singapura ini disebabkan oleh adanya infeksi coxsackievirus strain A16. Ini merupakan kelompok virus yang merupakan salah satu bagian dari jenis enterovirus.

Pada mulanya, virus akan menyebar ke jaringan mulut, menuju amandel, kemudian masuk ke dalam sistem pencernaan. Setelah itu virus menyebar ke seluruh tubuh melalui peredaran darah.

Flu Singapura ini akan sangat menular sekali dari satu anak ke anak lainnya. Menular melalui kontak langsung dengan kulit penderita, perabotan yang terkontaminasi virus, luka pada kulit yang pecah, kotoran penderita atau melalui droplet.

Gejala awal dan penularan flu Singapura ini terjadi sekitar beberapa hari. Biasanya 3-6 hari setelah virus menginfeksi. Kemudian akan muncul ruam pada kulit yang terjadi selama 1-2 hari setelah gejala awal.

Ruam pada kulit ini biasanya akan mengering dengan sendirinya, kurang lebih dalam 10 hari. hal ini cenderung tidak akan menyebar ke orang lain. Meski begitu virus penyebab flu Singapura dapat hidup lebih lama.

Virus dapat bertahan hidup selama berminggu-minggu di dalam tinja penderitanya. Bahkan setelah ruam di kulit telah menghilang.

Jadi, berapa lama anak sembuh dari flu Singapura? Umumnya terjadi selama 7-10 hari, dari gejala awal hingga sembuh. Akan tetapi hal tersebut dapat terjadi lebih lama lagi.

Gejala Flu Singapura Pada Anak

Seperti yang telah dijelaskan kalau gejala flu Singapura pada anak ini baru akan muncul setelah beberapa hari si kecil terinfeksi. Berikut ini gejala yang biasanya ditimbulkan.

  • Penurunan nafsu makan.
  • Demam tinggi dan batuk
  • Ruam merah di tangan, kaki, mulut serta bokong.
  • Sariawan pada bagian gusi dan lidah.
  • Luka seperti lepuhan pada lidah, gusi dan di dalam pipi.
  • Nyeri pada tenggorokan.
  • Nyeri perut pada anak.
  • Anak menjadi rewel terus-menerus.

Pengobatan Flu Singapura Pada Anak

Sebagian besar kasus flu singapura ini dapat sembuh dengan sendirinya. Meskipun tanpa perlu pengobatan khusus, umumnya sembuh dalam kurun waktu 7-10 hari tanpa pengobatan.

Meski begitu orang tua perlu waspada akan penyakit tersebut. sebaiknya juga berikan anak perawatan yang mandiri kepada anak hingga kondisinya menjadi membaik, seperti berikut:

  • Berikan anak minuman dingin untuk membantu meredakan rasa ketidaknyamanan pada tenggorokan.
  • Hindari memberikan makanan atau minuman yang memiliki rasa asam atau pedak kepada anak.
  • Sajikan makanan dengan tekstur lunak untuk dapat mempermudah anak dalam menelan.
  • Pastikan anak mendapatkan asupan cairan yang cukup untuk dapat mencegah dirinya dehidrasi.
  • Pastikan kalau anak memiliki waktu istirahat yang cukup setiap harinya.
  • Gunakan krim anti gatal dan penyembuh ruam sesuai dengan anjuran dokter, agar ruam menjadi cepat mengering.
  • Berkumur dengan air garam hangat untuk dapat meredakan rasa nyeri pada tenggorokan.

Itulah tadi apa itu flu Singapura, penyebabnya, berapa lama anak sembuh dari flu Singapura, gejala dan pengobatannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi bunda.