Perlu diketahui kapan terasa pembuahan berhasil ini dapat dikenali dengan perubahan tubuh yang Bunda alami. Tanda proses pembuahan berhasil dan sedang terjadi sebaiknya Bunda ketahui untuk memastikan ada atau tidaknya kehamilan.

Agar pembuahan dapat terjadi, ovarium harus terlebih dahulu melepaskan sel telur yang matang selama ovulasi. Sel telur dibuahi oleh sperma di saluran reproduksi.

Kemudian dikirim ke rahim melalui saluran tuba. Kebanyakan perempuan kemungkinan besar tidak akan mengalami gejala kehamilan sampai implantasi terjadi, yang biasanya terjadi 6-12 hari setelah pembuahan.

Kapan Terasa Pembuahan Berhasil

Proses pembuahan sel telur oleh sel sperma dapat terjadi sehari atau beberapa hari setelah berhubungan seks. Pasalnya, sel sperma mampu bertahan hidup hingga 7 hari dalam tubuh wanita.

Namun, implantasi atau proses penempelan zigot ke dinding rahim biasanya baru terjadi 10-14 hari setelah pembuahan. Nah, proses implantasi inilah yang kerap memunculkan berbagai ciri-ciri berikut:

1. Pendarahan Implantasi

Salah satu ciri pembuahan yang paling akurat ditandai dengan terjadinya pendarahan implantasi. Namun, ternyata hanya 1 dari 3 wanita yang mengalaminya, lho!

Sayangnya, cukup banyak wanita yang tidak menyadari bahwa pendarahan yang dialami disebabkan oleh implantasi, bukan darah haid.

2. Kram Implantasi

Kram implantasi biasanya hanya muncul sekitar 5 menit. Hal ini tentu berbeda dengan kram haid yang bisa terjadi lebih lama dan terasa menyakitkan.

3. Payudara Lebih Sensitif

Sebagian wanita mengeluh payudaranya terasa sakit beberapa hari setelah pembuahan. Tapi ada juga yang justru mengalaminya sekitar 7 hari setelah ovulasi.

4. Suhu Basal Tubuh Meningkat

Tingginya suhu basal juga sering digunakan sebagai salah satu tanda ovulasi berhasil dibuahi. Maka tidak ada salahnya untuk rutin mencatat suhu basal tubuh setiap pagi agar lebih mudah memantau perubahan suhu tubuh.

5. Berubahnya Cairan Serviks

Cairan serviks pada ibu hamil biasanya berwarna putih, cenderung lebih banyak, dan teksturnya licin. Hal ini terjadi karena aliran darah ke vagina mengalami peningkatan.

Pembuahan ini rata-rata muncul 7 hari atau lebih setelah ovulasi berakhir. Biasanya, gejala ini juga disertai dengan mual, muntah, sakit kepala, hingga gampang kelelahan.

Demikian ciri kapan terasa pembuahan berhasil semoga informasi ini bermanfaat ya bun. Sebaiknya jika telah merasakan pembuahan berhasil, langsung coba cek gunakan testpack.