Bunda, ingin tahu cara mengetes kehamilan tanpa testpack? Ternyata bisa loh hanya gunakan cuka dan pasta gigi saja.

Biasanya bunda kalau merasakan beberapa tanda kehamilan, seperti muntah-muntah dan terlambat datang bulan pasti akan langsung melakukan tes kehamilan. Umumnya tes kehamilan ini menggunakan alat testpack.

Namun jika testpack sedang tidak tersedia bunda bisa loh gunakan beberapa bahan alami. Bahkan bahan tersebut mudah didapatkan dan sering kita temui.

Penasaran bahan apa aja sih yang bisa digunakan untuk cara tes kehamilan tanpa test pack? Baca artikelnya sampai habis ya, Bun!

Cara Mengetes Kehamilan Tanpa Testpack

Ada beberapa cara yang bisa bunda lakukan untuk mengecek kehamilan tanpa testpack. Berikut ini beberapa diantaranya adalah:

1. Pasta gigi

Selain untuk membersihkan gigi bunda juga bisa menggunakan pasta gigi untuk cek kehamilan loh. Tapi tidak semua pasta gigi dapat digunakan, gunakan pasta gigi yang berwarna putih.

Caranya ambillah urine secukupnya, lalu campurkan dengan pasta gigi lalu diaduk. Diamkan beberapa saat, jika warna pasta gigi berubah menjadi biru atau berbusa itu tandanya bunda positif hamil.

2. Cairan Pemutih

Bunda bisa gunakan cairan pemutih untuk cek kehamilan. Caranya siapkan 2 sendok makan urine di pagi hari dan wadah.

Tuangkan bahan  tersebut secara bersamaan ke wadah jika campuran tersebut sangat berbusa berarti ada kemungkinan bunda hamil jika busanya sedikit berarti sedang hamil.

3. Cuka

Siapa sangka kalau cuka bisa digunakan sebagai cara mengetes kehamilan tanpa testspack. Bunda cukup menyiapkan cuka putih setengah cangkir, urine setengah cangkir dan wadah.

Caranya, cuka putih dituangkan ke dalam wadah, lalu tuang urine yang sudah ditampung. Lihat perubahan warnanya, kalau berubah kemungkinan besar positif hamil tapi kalau warna tidak berubah itu tandanya belum hamil.

Selain ketiga cara tersebut bunda bisa coba dengan berbagai tanda yang muncul. tanda-tanda tersebut diantaranya:

  • Adanya pendarahan ringan dan kram perut yang mirip dengan pramenstruasi namun lebih lalu lebih sering buang air kecil.
  • Kemudian adanya perubahan pada payudara seperti, terasa lebih kencang, lebih sensitif dan berubah warna lebih gelap dan lebih menonjol.
  • Terakhir adalah perubahan suasana hati, hal ini disebabkan kadar hormon estrogen dan progesteron akan meningkat saat kehamilan.

Itulah beberapa cara mengetes kehamilan tanpa testspack. Cara di atas memang belum terbukti secara medis. Untuk itu, bunda disarankan melakukan cara medis, seperti tes urine, tes darah dan USG.