Apakah minum kopi dapat mencegah step pada bayi? Mungkin sebagian bunda pernah mendengar hal tersebut.

Sehingga tidak jarang banyak orang tua yang memberikan anaknya kopi. Karena hal tersebut dipercaya mereka untuk menghindari anak terkena step. Lantas apakah hal tersebut benar?

Benarkah bahwa bayi harus diberi kopi agar tidak step atau kejang . kira-kira ini adalah fakta atau mitos ya? Langsung saja yuk bunda simak di bawah ini.

Apakah Minum Kopi Dapat Mencegah Step Pada Bayi?

Beberapa percaya kalau anak bayi diberikan kopi mendatangkan manfaat. Umumnya ini adalah kepercayaan ibu-ibu jaman dahulu.

Banyak yang bilang kalau anak yang minum kopi dengan beberapa sendok sehari, mampu menghindari step. Apakah benar begitu adanya atau hanyalah sebuah mitos belaka?

Rupanya memberikan kopi kepada bayi ini tidak mendatangkan keuntungan. Malah mendatangkan hal yang berbahaya.

Jadi, apakah minum kopi dapat mencegah step pada bayi itu adalah mitos. Nyatanya hal tersebut sangatlah berbahaya. Terutama untuk bayi baru lahir, tidak boleh diberikan selain ASI atau susu formula.

Memberikan kopi pada bayi tidak membuat bayi menjadi terhindar step. Tetapi hal tersebut justru malah akan membahayakan bayi. Apa saja bahaya memberikan kopi pada bayi?

Kopi bisa akan aritmia pada bayi atau gangguan Irama jantung, yang ditandai dengan jantung berdebar debar dan malah memperparah kejang.

Bayi bisa mengalami kekurangan cairan, sakit kepala, sakit perut, hingga diare, yang malah berakibat bayi menjadi dehidrasi.

Kafein pada kopi dapat membuat bayi menjadi lebih terjaga dan menjadi gelisah karena sulit untuk beristirahat.

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Bayi Kejang?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan ketika bayi bunda mengalami kejang. Penting untuk mengetahuinya untuk memberikan pertolongan pertama kepada anak.

  • Baringkan bayi di atas tempat yang datar dan posisinya menghadap ke samping, supaya air liur atau muntahan tidak masuk ke saluran pernapasan.
  • Ibu juga sebaiknya memvideokan anak, untuk ditunjukkan kepada dokter ketika melakukan konsultasi.
  • Longgarkan pakaian bayi, supaya tidak mencekik bayi ketika mengalami kejang.
  • Ganjal kepala bayi dengan bantal agar posisinya lebih tinggi.
  • Bawa bayi langsung usai kejangnya berhenti, untuk segera dibawa ke rumah sakit.
  • Selalu pastikan orang tua terutama bunda tidak panik, supaya dapat memikirkan solusi terbaiknya.
  • Jangan lupa untuk menginfokan durasi kejang dan menunjukkan rekaman kejadian ke dokter yang berjaga agar bisa membantu diagnosis dokter.

Demikian bunda informasi terkait apakah minum kopi dapat mencegah step pada bayi? Itu hanyalah mitos ya bun! Meminumkan kopi ke bayi malah sangat berbahaya dan berisiko tinggi.