Bunda perlu tahu, apa saja larangan saat hamil 1 bulan. Kehamilan ini memang membuat ibu hamil sangat rentan sekali mengalami gangguan kesehatan.

Segala hal yang dilakukan oleh ibu hamil ini sangat berpengaruh kepada bayi dalam kandungan sehingga salah satu yang bisa ibu hamil lakukan adalah menjaga berbagai pantangan ibu hamil.

Ketika ibu hamil masih mengandung 1 bulan, maka masih sangat rentan sekali untuk alami keguguran. Terutama jika ibu melakukan beberapa pantangan berikut ini.

Apa Saja Larangan Saat Hamil 1 Bulan

Ibu hamil ini dianjurkan untuk makan makanan bergizi. Selain itu juga perlu melakukan hidup sehat untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Ada sejumlah pantangan yang ibu hamil perlu hindari. Terutama pantangan yang berhubungan dengan aktivitas fisik yang cukup berat.

1. Melakukan Aktivitas Fisik Berat

Ibu hamil muda tentu sangat tidak dianjurkan untuk lakukan aktivitas fisik berat. Seperti melakukan olahraga yang terlalu keras.

Hal ini dapat menyebabkan cedera pada perut dan mengalami kontraksi dini. Namun meski begitu, ibu hamil tetap diperbolehkan untuk lakukan olahraga ringan seperti jalan pagi atau yoga.

2. Hindari Konsumsi Kafein Berlebih

Kafein ini dapat diserap degan mudah oleh plasenta yang mengalir melalui darah ke janin. Kafein berlebihan ini dapat menghambat proses tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Untuk itu disarankan ibu hamil tidak konsumis kopi. Selalu batasi kafein harian yang aman, yaitu setara dengan satu cangkir kopi instan atau sebanyak 200 mg.

3. Merokok

Kebiasaan buruk seperti merokok ini adalah pantangan yang perlu ibu hamil hindari. Rokok ini mengandung nicotin yang berbahaya bagi ibu hamil.

Niicotin ini dapat memicu ketuban pecah dini hingga menyebabkan keguguran. Selain itu rokok juga dapat menyebabkan infeksi dan cacat pada janin.

4. Konsumsi Makanan Mentah Dan Ikan Laut Tinggi Merkuri

Apa saja larangan saat hamil 1 bulan, sebaiknya hindari makan makanan mentah dan ikan yang bermerkuri tinggi. Hindari juga makanan yang belum matang sempurna.

Terutama makanan seperti telur, daging, ikan dan sayuran mentah. Ini karena makanan tersebut meningkatkan risiko infeksi bakteri hingga mengganggu pertumbuhan janin dalam kandungan.

5. Konsumsi Nanas Berlebihan

Nanas ini merupakan salah satu buah pantangan untuk ibu hamil muda. Nanas ini memiliki kandungan enzim bromelain yang dapat memicu kontraksi rahim.

Sehingga jika terjadi kehamilan dapat berisiko menyebabkan keguguran. Namun meski begitu konsumsi nanas tetap diperbolehkan namun tidak dikonsumsi secara berlebihan.

6. Stres

Sering dong ya bunda kalau konsultasi ke dokter disarankan untuk tidak stres. Ternyata stres ini masuk sebagai pantangan yang tidak boleh ibu hamil lakukan.

Sebab stres ini memproduksi hormon kortisol yang dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Seperti munculnya depresi, hipertensi hingga gangguan jantung.

Itulah tadi, apa saja larangan saat hamil 1 bulan. Yang terpenting saat ibu hamil muda, jangan terlalu stres dan dibawa happy saja ya bun.