Kenapa pamali potong rambut saat hamil? Sebagian besar ibu hamil pasti pernah mendengar kalimat tersebut ya.

Terutama bagi beberapa suku pada daerah tertentu, melarang ibu hamil untuk memotong rambutnya. Hal tersebut disebut akan membawa kesialan pada ibu hamil, apakah benar begitu?

Banyak kepercayaan yang berkembang kalau ibu hamil memotong rambutnya dapat menyebabkan bayi menjadi terlahir kurang normal. Hingga sekarang banyak sekali yang mempercayai hal tersebut.

Yuk bun, simak fakta sesungguhnya. Jangan langsung cerna informasi yang tidak berdasar seperti itu. Langsung saja simak faktanya berikut ini.

Kenapa Pamali Potong Rambut Saat Hamil

Orang jaman dulu percaya kalau ibu hamil memotong rambutnya akan menyebabkan janin terlahir cacat atau menyebabkan kematian. Hal ini dikarenakan, rambut menjadi salah satu ikatan roh atau sukma anak.

Sehingga banyak yang mempercayai akan hal tersebut. terlebih di Indonesia ini tradisi dan budaya masih sangat kental sekali ada di masyarakat.

Terutama pada kebudayaan atau suku tertentu yang percaya akan hal tersebut. Lantas apakah benar hal tersebut benar terjadi? Terlebih di jaman sekarang yang sudah sangat modern.

Jaman dimana orang mulai tidak percaya dengan mitos dan meninggalkan hal tersebut. Banyak orang sekarang yang lebih memilih mengungkapkan segala sesuatunya melalui ilmiah.

Seperti kenapa pamali potong rambut saat hamil itu tidak boleh sama sekali tak berdasar. Itu semua hanyalah mitos belaka. Seperti mitos belaka berikut ini mengenai potong rambut.

  • Mitos kalau ibu hamil potong rambut dapat menyebabkan bayi lahir kurang normal.
  • Mitos jika memotong rambut dapat menghilangkan energi.
  • Mitos kalau memotong rambut ketika hamil dapat menyebabkan kesialan datang.
  • Mitos memotong rambut saat hamil dapat menyebabkan bayi terlahir botak.

Itu semua hanyalah mitos belaka, padahal faktanya sebagai berikut ini:

  • Memotong rambut ketika hamil tidak menjadi pengaruh atau penyebab kesehatan pada janin, hingga dapat terlahir tidak normal.
  • Memotong rambut saat hamil ini tidak ada hubungannya degan energi yang dikeluarkan ibu hamil.
  • Tidak ada pula penelitian secara ilmiah yang membuktikan pernyataan potong rambut akan membuat anak lahir cacat.
  • Ibu hamil yang potong rambut tidak mempengaruhi rambut anak, melainkan genetik dan asupan nutrisi yang ibu makan.

Jadi, kenapa pamali potong rambut saat hamil? Itu hanya mitos orang jaman dulu saja. faktanya tidak ada larangan untuk ibu hamil ingin memotong rambutnya atau tidak.