Bunda, yuk cobain tips diet setelah melahirkan ala Nabi Muhammad. Tips diet ini tentunya sehat dan tidak menyiksa bunda sama sekali.

Terlebih kalau habis melahirkan itu pasti ibu tetap membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Sebab nutrisi yang cukup ini untuk memenuhi kebutuhan ASI bunda.

Sebagai umat muslim, Nabi Muhammad tentu menjadi suri tauladan yang baik. Hal ini termasuk pola hidupnya sehari-hari yang bisa dijadikan sebagai cara diet terutama untuk ibu yang baru melahirkan.

Salah satu ajaran Rasulullah SAW adalah kesadaran akan hubungan antara makanan dan penyakit. Sehingga menjaga pola makan sangatlah penting, mulai dari seberapa banyak hingga jenis makanan yang dikonsumsi.

Tips Diet Setelah Melahirkan Ala Nabi Muhammad

Kalau ibu baru saja melahirkan dan ingin coba langsung diet. Sebaiknya tidak lakukan diet ketat, karena akan berpengaruh ke ASI. Lebih baik ikuti diet ala Nabi Muhammad yang santai, tetap sehat dan ASI jadi lancar.

1. Konsumsi Makanan Organik

Rasulullah SAW dikenal senang mengkonsumsi makanan organik yang sederhana. Salah satu makanan favoritnya adalah buah kurma.

Begitu juga dengan hidangan tharid, yang terdiri dari daging dimakan bersamaan dengan roti. Selain itu juga Rasulullah gemar konsumsi labu da mentimun sebagai sayuran favoritnya.

2. Berpuasa

Bunda yang baru melahirkan dan ingin berpuasa juga bisa. Namun jika sedang nifas, bisa coba pola makan seperti sedang berpuasa.

Cara ini mirip seperti intermittent fasting yang terbukti menyeimbangkan kadar hormon. Konsumsi juga makanan bernutrisi agar ASI tetap banyak untuk bayi konsumsi.

3. Cara Makan Yang Sehat

Bunda, untuk tips diet setelah melahirkan ala Nabi Muhammad ini adalah cara makan yang sehat. Cara makan yang baik ini dapat mempengaruhi kesehatan secara menyeluruh.

Cara makan yang baik, salah satunya menggunakan tangan langsung. Jangan lupa untuk membersihkan tangan. Selain itu juga tidak meniup makanan ketika panas. Supaya tidak mentransfer bakteri dan reaksi kimia yang berbahaya.

4. Porsi Makan Sedikit

Ibu yang setelah melahirkan itu pasti lebih cepat merasakan lapar, terutama setelah menyusui anak. Sehingga coba ikuti diet ala Rasulullah SAW yang makan dalam porsi sedikit.

Makan dengan porsi sedikit ini dapat mencegah penyakit, termasuk obesitas dan diabetes. Sementara itu dalam konsep Islam kalau 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk cairan dan 1/3 untuk napas.

5. Makan Secara Perlahan

Makan secara perlahan itu dapat menjadi salah satu tips ala Nabi Muhammad SAW. Bunda juga dianjurkan untuk mengunyah makanan secara perlahan apabila sedang diet sehat.

Tubuh membutuhkan waktu selama 20 menit untuk mengirimkan sinyal ke otak, memberitahu bahwa otak sudah kenyang. Untuk itu makan secara perlahan membantu meningkatkan pencernaan.

6. Makan Bersama-Sama

Makan bersama-sama itu terbukti dapat mengurangi stres, serta meningkatkan hubungan keluarga menjadi lebih harmonis. Makan bersama ini sangat erat sekali dengan keberkahan dan kebersamaan.

Selain itu juga makan bersama ini bisa membuat makan terasa lebih nikmat. Sehingga ibu yang baru melahirkan tidak merasa bosan ketika makan.

Itulah tadi beberapa tips diet setelah melahirkan ala Nabi Muhammad. Cara ini sangat bisa bunda terapkan. Diet sehat, pola hidup sehat bonusnya ASI lebih berlimpah tapi turun berat badan.