Apa saja makanan yang dihindari saat nyeri haid? Gejala nyeri haid memang sering terjadi pada perempuan saat masa menstruasi.

Agar tidak sampai berkepanjangan, alangkah baiknya jika mulai mendisiplinkan diri terhadap makanan yang sehat.

Saat wanita mulai menghadapi menstruasi, bukan berarti boleh untuk makan apa saja ya. Karena ada beberapa makanan yang sebaiknya perlu dihindari.

5 Makanan Yang Dihindari Saat Nyeri Haid

Tidak semua orang tahu mengetahui secara spesifik makanan apa saja yang dapat memperburuk gejala haid. Supaya tidak bingung, berikut 5 contoh makanan yang wajib diingat.

1. Makanan Tinggi Garam

Makanan yang memiliki kandungan garam tinggi sangat tidak dianjurkan saat sedang haid.  Hal ini dikarenakan kandungan garam dapat menyebabkan perut terasa kembung.

Jika perut kembung maka akan memperburuk nyeri saat haid. Adapun makanan yang tinggi garam adalah makanan cepat saji dan kalengan.

2. Gorengan

Gorengan adalah salah satu makanan yang digemari di Indonesia. Selain gurih, tentu harganya yang terjangkau membuat semua orang menyukainya.

Akan tetapi saat sedang menstruasi, sebaiknya tidak makan gorengan ya.  Mengapa demikian? Karena gorengan bisa saja menjadi pemicu perut kembung dan kram perut.

3. Daging Tinggi Lemak

Daging merah menjadi salah satu makanan yang dihindari saat nyeri haid. Daging merah ini memang salah satu makanan yang baik bagi kesehatan. Akan tetapi tidak dianjurkan untuk makan secara berlebihan ya, apalagi saat menstruasi.

Daging yang memiliki tinggi lemak hanya akan rentan terkena kram perut dan kembung. Alasan lainnya juga karena kandungan tinggi lemak lebih mudah mempengaruhi hormon saat haid.

4. Gandum Olahan

Gandum olahan dan gandum murni tentu tidak sama ya bunda. Gandum olahan cenderung tidak memiliki nutrisi yang cukup karena telah hilang akibat proses olah. Contoh makanan yang termasuk gandum olahan seperti roti putih, biskuit, dan kue.

Agar gejala haid tidak menjadi masalah berkepanjangan, ada baiknya makan gandum murni seperti oatmeal dan nasi merah.

5. Coklat dan Ice Cream

Makanan yang manis memang banyak disukai orang-orang. Akan tetapi ternyata tidak disarankan untuk orang yang sedang haid ya.

Karena bagaimana pun kandungan gula yang ada di dalamnya  akan membuat kadar gula menjadi tidak stabil.

Itulah tadi beberapa makanan yang dihindari saat nyeri haid ya. Sebaiknya hindari supaya nyeri pada saat haid tidak terlalu berlebihan.