Apa saja makanan pereda nyeri haid? Kondisi menstruasi memang sering ditandai dengan kondisi tidak nyaman dari sekujur badan.

Gejala ini terbilang normal, sebagai solusinya bunda bisa memberikan makanan yang dapat meredakan nyeri saat haid.

Sebenarnya banyak sekali cara penanganan mandiri yang bisa dilakukan di rumah. Selain menjaga pola makan, sebaiknya sarankan si anak untuk banyak istirahat ya agar tidak mengalami nyeri berkepanjangan.

5 Makanan Pereda Nyeri Haid

Sudah sepatutnya anda mulai mengenal jenis makanan apa saja yang cocok untuk kondisi nyeri haid. Agar tidak salah pilih, berikut contoh makanan yang dapat dijadikan solusi ketika anda mengalami nyeri haid.

1. Sayur Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang cocok dijadikan solusi untuk mengatasi nyeri haid. Hal ini sangat wajar karena brokoli dipercaya akan kandungan A, C, B6, E, kalium, dan magnesium yang berfungsi untuk melawan kram menstruasi.

Tidak hanya itu saja, brokoli juga merupakan sayuran yang kaya akan serat sehingga cocok untuk membantu mengatasi masalah pencernaan.

2. Teh Chamomile

Jika bunda suka dengan minuman teh, maka Chamomile adalah solusi yang tepat untuk mengatasi nyeri haid. Teh Chamomile dipercaya mampu membantu meredahkan otot dan mengurangi kram menstruasi.

3. Pisang

Ternyata buah pisang adalah makanan pereda nyeri haid yang bisa menjadi solusi lho. Hal ini dikarenakan pisang kaya akan vitamin B6 dan kalium yang dapat meringankan gejala kembung pada perut.

Bahkan buah pisang juga mampu mengatasi nyeri haid yang terbukti ampuh. Anda bisa berikan pisang dengan berbagai olahan agar tidak mudah bosan.

4. Telur

Siapasih yang tidak suka dengan telur?,  salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh semua kalangan. Nah ternyata telur tidak hanya bermanfaat sebagai bahan pendukung makanan lho.

Kandungan pada telur mampu memiliki nutrisi yang baik, apalagi kuning telurnya. Bahkan vitamin D, B6, dan E mampu membantu meredahkan nyeri haid tanpa efek samping.

5. Kacang-Kacangan

Kacangan-kacangan memang dipercaya mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Belum banyak yang tahu kalau ternyata kacang-kacangan mampu meredahkan nyeri haid.

Alasannya karena kacang-kacangan memiliki kandungan B6 dan magnesium yang berperan untuk meredahkan haid. Apalagi kacang ini bisa diolah dengan berbagai macam menu yang lezat.

Itulah tadi beberapa makanan pereda nyeri haid yang bisa anda coba konsumsi. Terutama jika sering merasakan nyeri yang teramat saat menstruasi.