Bagaimana cara mencegah HIV pada wanita? Sekarang ini banyak wanita yang mengalami penyakit menular seksual, salah satunya adalah HIV.

Selain melakukan perilaku seksual yang sehat, tentu harus melakukan beberapa pencegahan lainnya. Hal ini dilakukan untuk memperkecil peluang terjadinya infeksi virus HIV dalam tubuh.

Banyak orang yang mengira kalau HIV itu menular melalui bersin, bergantian menggunakan alat pribadai, seperti alat mandi atau alat makan.

Nyatanya hal tersebut tidaklah benar. Padahal penularan HIV itu tidak melalui cara tersebut. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari terkenanya virus HIV.

Cara Mencegah HIV Pada Wanita

HIV (Human immunodeficiency virus) adalah virus yang mengacaukan sistem kekebalan dalam tubuh. Apabila virus tersebut tidak segera ditangani, maka akan berubah menjadi AIDS.

Meskipun virus ini tergolong mematikan, namun ad abeberap cara mencegah terjanya. HIV dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan cairan tubuh.

Agar virus HIV tidak menginfeksi tubuh, ada beberapa cara untuk mencegah munculnya HIV. Langsung saja simak berikut ini.

1. Gunakan Kondom Setiap Kali Berhubungan Seks

Menggunakan kondom adalah salah satu cara untuk mencegah timbulnya virus HIV. Cara ini merupakan yang paling efektif sekaligus dapat mencegah penularannya.

Kondom ini dapat menjadi pencegah infeksi HIV dengan menjadi penghalang agar air mani dan cairan praejakulasi tidak bersentuhan secara langsung.

2. Tidak Berganti-Ganti Pasangan

Senang berganti-ganti pasangan adalah salah satu cara yang dapat menyebabkan munculnya virus HIV. Untuk itu tetaplah setia kepada pasangan dan tidak berganti-gantian.

Lebih baik lakukan aktivitas seksual dengan pasangan yang sah dan tetap satu saja. hindari aktivitas hubungan intim di luar nikah guna mencegah terjadinya HIV.

3. Hindari Perilaku Seks Berisiko

Salah satu cara mencegah HIV pada wanita adalah dengan menghindari perilaku seks yang berisiko. Seperti melakukan seks anak, yang sangat tinggi sekali penyebaran virus HIV.

Untuk itu sangat disarankan sekali untuk melakukan hubungan seks secara aman. Serta gunakan kondom untuk mencegah penularan HIV.

4. Hindari Penyalahgunaan Alkohol Dan Obat-Obatan

Penyalahgunaan alkohol atau obat-obatan terlarang dapat membuat penyebaran virus HIV. Misal saja anda melakukan hubungan seksual dengan orang lain tanpa menggunakan kondom.

5. Menggunakan Jarum Suntik Yang Baru

Terkadang penggunaan jarum suntik ini bergantian, terutama pada perilaku penyalahgunaan narkoba. Hal ini memiliki risiko tinggi dalam penularan HIV.

Sehingga untuk mencegahnya lebih baik gunakan jarum suntik yang baru. Hindari untuk menggunakan jarum suntik secara bergantian, seperti jarum tato atau jarum suntik medis.

Itulah tadi beberapa cara mencegah HIV pada wanita. Sebaiknya hindari berbagai perilaku yang dapat menyebabkan tingginya risiko terkenanya virus HIV.