Bunda perlu tahu kalau ada buah apa saja yang tidak boleh dimakan ibu hamil muda. Pada dasarnya buah-buahan mengandung vitamin dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh selama kehamilan.

Namun ternyata ada beberapa buah yang tidak dapat dikonsumsi oleh ibu hamil muda. Hal ini dikarenakan ada beberapa kandungan di dalamnya kurang baik untuk ibu hamil muda.

Ada beberapa buah-buahan yang harus ibu hamil hindari. Karena menyebabkan dampak negatif pada kandungan bunda.

Bahkan beberapa buah dapat mempengaruhi kesehatan janin sehingga berisiko menyebabkan keguguran. Lantas buah apa saja yang sebaiknya ibu hamil hindari?

Buah Apa Saja Yang Tidak Boleh Dimakan Ibu  Hamil

Ketika hamil konsumsi buah memang cukup diperlukan bagi tubuh. Akan tetapi ada beberapa jenis buah yang sebaiknya dihindari saja ketika wanita tengah hamil muda.

1. Nanas

Meskipun nanas adalah buah yang sangat sehat dan menyegarkan namun ada baiknya kurangi makan nanas. Karena nanas mengandung bromelain yaitu enzim yang dapat menggugurkan dinding serviks.

Selain itu juga nanas dapat menyebabkan kontraksi rahim yang kuat. Jadi sebaiknya bagi ibu hamil khususnya masih hamil muda, buah yang satu ini dihindari dulu ya.

2. Anggur

Anggur memiliki sifat penghasil panas yang bisa mempengaruhi Bunda maupun jani. Anggurr ini  memiliki kandungan senyawa resveratrol yang dapat menjadi racun bagi ibu hamil.

Selain itu buah anggur tidak mudah untuk dicerna, sehingga menyebabkan ibu hamil mengalami sembelit. Kadar keasaman juga tinggi pada anggur dapat menyebabkan dapat menyebabkan diare.

3. Durian

Buah apa saja yang tidak boleh dimakan ibu hamil ini adalah durian. Buah yang dikenal sebagai raja buah ini memang memiliki aroma khas yang sangat menggoda. Namun sebaiknya ibu hamil dibatasi dulu ya.

Sebab durian mengandung asam arakidonat serta alkohol. Zat tersebut bisa membahayakan kehamilan karena dapat memicu kontraksi dini.

4. Pepaya Muda

Pepaya muda ini dinilai berbahaya untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebab pepaya yang belum matang mengandung enzim prostaglandin dan oksitosi.

Zat tersebut dapat memicu kontraksi dan kejang rahim. Serta memicu kemungkinan keguguran di awal kehamilan, jadi kalau mau makan pepaya tumbuh sampai buahnya benar-benar matang ya.

5. Nangka

Mengkonsumsi nangka saat hamil bisa menyebabkan rasa panas di perut. Apabila hal ini dibiarkan bisa menyebabkan perut Bunda terasa tidak nyaman.

Selain itu nangka yang terlalu matang mengandung alkohol yang tidak baik bagi ibu hamil. Pada dasarnya bunda masih boleh mengkonsumsi nangka asalkan dalam jumlah sedikit dan tidak berlebihan.

Nah itu dia beberapa buah apa saja yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Namun kondisi tiap ibu hamil berbeda antara satu dengan yang lain. sebaiknya konsultasi ke juga pada dokter buah apa saja yang tidak boleh Bunda konsumsi selama kehamilan.