Bunda, coba obat tradisional alergi dingin terutama jika anak ada riwayat alergi dingin? Bila menggunakan racikan ini dijamin gatal-gatal dan ruam merah akan sirna.

Dibandingkan harus berikan anak obat kimia, lebih baik berikan anak obat herbal alami. Hal ini lebih aman dan tentunya tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Apalagi jika anak masih kecil, lebih baik usahakan untuk minum herbal alami yang lebih sehat. Lantas apa saja obat tradisional yang manjur untuk anak alergi dingin? Yuk, simak informasinya berikut ini.

Daftar Obat Tradisional Alergi Dingin Yang Mujarab

Gejala alergi pada tiap anak tentu berbeda, ada yang ringan hingga parah sampai mengancam jiwa. Namun, jika si kecil masih kategori aman, seperti hidung meler gatal dapat diatasi dengan racikan herbal.

Berikut ini adalah daftar yang bisa digunakan oleh Bunda dalam perawatan mandiri ketika buah hati sedang kambuh alerginya. Ini daftar obat alerginya!

1. Aloe Vera

Bunda apakah memiliki tanaman lidah buaya? Nah, ternyata tanaman yang dianggap bau ini terbukti ampuh dalam mengatasi alergi.

Gel dinginnya mampu meredakan rasa gatal dan ruam merah pada kulit. Bahkan kandungan dari lidah buaya, yaitu anti peradangan terbukti bisa menghempaskan ruam merah pada kulit.

Itulah mengapa tanaman ini dipilih sebagai obat tradisional alergi dingin terampuh. Untuk pemakaiannya cukup oleskan pada bagian tubuh yang terasa gatal.

2. Ramuan Tradisional Minyak Pohon Teh

Selanjutnya yang ampuh dalam menghempaskan rasa gatal dan ruam merah akibat alergi dingin adalah pohon teh. Meskipun obat herbal ini masuk dalam kategori obat, namun ada beberapa orang atau anak yang tak kuat menggunakannya.

Sebab minyak pohon teh dapat mengakibatkan dermatitis pada kulit. Jadi ketika akan memakainya sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

Untuk cara memakainya harus dikolaborasikan dengan minyak atsiri. Lalu oleskan pada bagian yang alami gatal atau ruam merah. Obat tersebut bukan untuk diminum, tapi hanya untuk dioleskan ke kulit saja.

3. Mandi Oatmeal

Rupanya oatmeal terdapat kandungan anti radang dan zat antioksidan. Zat tersebut dapat menghentikan rasa gatal pada kulit

Cukup dengan menambahkan satu cangkir oatmeal ke dalam bak air.  Ingat ya harus menggunakan air hangat bukan air panas karena bisa membahayakan kulit dan bahkan menjadi iritasi.

4. Quercetin

Tahukah Bunda apa itu quercetin? Quercetin merupakan antioksidan yang ada pada apel dan bawang bombay.

Kandungan quercetin yang ada dalam apel atau bawang bombai tersebut cocok untuk hilangkan alergi. Zat tersebut mampu berperan dalam pengobatan alergi.

Tak ada salahnya jika kedua bahan ini dijadikan sebagai menu makan harian untuk anak. Sehingga dapat meredakan alergi yang terjadi pada anak.

Bawang bombay adalah salah satu bahan yang merupakan bumbu dapur yang selalu ada di setiap makanan. Sehingga lebih mudah untuk dicari dan digunakan.

Itulah informasi penting tentang obat tradisional alergi dingin yang perlu Bunda ketahui. Semoga artikel ini bisa menjadi rujukan untuk para Bunda dalam menangani si kecil.